Tujuan TKQ Taman Kanak-kanak al-Qur’an

Share

pontren.com – Tujuan TKQ. assalaamu’alaikum kangmas mbakyu yang menjadi pengajar pada lembaga pendidikan TKQ atau TKA, sudah berapa lama sampean mengajar? Setahun? Dua tahun? Lima tahun? Atau lebih dari sepuluh tahun?

Entah berapa lama anda mengajar, saya ucapkan selamat dan salut atas pengabdian sampean dalam mendampingi anak-anak menimba ilmu. Baik pada masjid atau bangunan TKQ (biasanya jadi satu dengan TPQ).

apa tujuan dari TKQ

Sebagaimana salah seorang dokter lulusan dari UMY (universitas Muhammadiyah Yogyakarta) yang mengucapkan terima kasih kepada gurunya saat diucapkan ultahnya. Dengan mengatakan terima kasih telah menjadi bagian dalam pendidikan kami. (anaknya kembar cowok cewek).

Oh iya, balik lagi tentang lama mengajar sampean di TKQ. Apakah selama anda mengajar? Sudahkah mengetahui apa tujuan dari pembelajaran di TKQ?

Baca : Usia santri TKQ TPQ dan TQA

Kalau sudah tahu alhamdulillah, kalau belum tau juga enggak papa. Lha wong saya juga baru mengetahui tujuannya baru kemarin sesaat setelah mencermati tentang usia santri TPQ.

Pentingnya mengetahui Tujuan TKQ Taman Kanak Kanak Alquran

Setelah saya pikir-pikir, ternyata pentingnya mengetahui tujuan TKQ bisa menjadi pagar atau batasan dalam mengajar untuk mencapai target pada lembaga TPQ.

Kenapa begitu?

Karena dengen mengetahui tujuan Taman Kanak-kanak alquran otomatis kurikulum dan desain pembelajaran arahnya kepada tujuan keberadaan lembaga pendidikan ini.

Yang menjadi masalah, apa tujuannya? Siapa yang berhak merumuskan?

Tentunya yang berhak merumuskan tujuan TKQ ini adalah para ahli atau pihak yang berwenang dalam memberikan informasi mengenai tujuannya.

Dalam hal ini saya mengambil tujuan TKQ yang dirumuskan oleh Kementerian Agama melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 9 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan LPQ.

Kenapa mengambil dari situ?

Karena segala hal yang berkaitan dengan TKQ biasanya yang mengatur dan menaungi adalah Dirjen Pendis pada Kemenag RI. Begitulah alasan sederhananya.

Pembagian Tujuan TKQ menurut Kemenag

Dalam SK Dirjen Pendis no 9 tahun 2020 dalam ketentuan umum nomor 6. Didalamnya memberitahukan tentang pengertian TKQ. Disana juga sekilas tujuan keberadaan lembaga Taman kanak-kanak alquran.

Adapun kutipan dari tujuan dimaksud adalah sebagai berikut;

TKQ Bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan alquran lebih lanjut.

Tujuan TKQ SK Dirjen Pendis no 9 tahun 2020
tujuan pendidikan TKQ

Dari informasi diatas maka ada 3 kata kunci yang bisa diurai yaitu;

  • Pertumbuhan perkembangan jasmani
  • Pertumbuhan perkembangan rohani
  • Kesiapan memasuki pendidikan alquran lebih lanjut.

Mari kota coba mengurai satu persatu ketiga hal dimaksud

Pertumbuhan jasmani

Pada anak usia TK maupun TKQ biasanya berumur antara 4 sampai dengan 6 tahun, dimana masa pertumbuhan sedang berlangsung.

Guna mendukung pertumbuhan jasmani ini perlu sekiranya pengelola TKQ memperhatikan kegiatan yang dapat merangsang perkembangan motorik halus maupun kasar para santri anak didiknya.

Kemampuan motorik halus dan kasar ini membuat seorang pengelola lembaga membuat suatu desain pendidikan dan permainan yang mampu mengakomodasi perkembangannya.

Misalnya pada saat bermain anak-anak diajarkan keseimbangan tubuh, mewarnai gambar yang menarik dan juga permainan yang mendorong percepatan perkembangan anak secara fisik akan tetapi tidak membebani terlalu berat.

Pertumbuhan rohani

Sebagai penyeimbang pertumbuhan fisik atau jasmani, maka perkembangan rohani juga tidak kalah penting.

Pada anak usia dini atau seumuran TKQ perlu mulai ditanamkan rasa empati kepada orang lain, semangat dalam beribadah, rajin belajar dan berangkat TPQ TKQ serta perilaku dan akhlak mulia.

Didalamnya juga penanaman disiplin seperti menata sandal saat datang ke tempat belajar, disiplin membersihkan ruangan setelah selesai pembelajaran, duduk rapi saat dilakukan belajar metode klasikal.

Persiapan memasuki pendidikan alquran lebih lanjut

Dalam ketentuan dari Kementerian Agama, ada 2 lembaga yang bisa menjadi tujuan anak lulusan TKQ dalam melanjutkan pembelajarannya.

Yang pertama yaitu TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan Rumah Tahfidz al-Qur’an.

Baca : Tujuan Taman Pendidikan Al-Qur’an

Tidak peduli mana yang dipilih, kegiatan belajar mengajar TKQ kesemuanya telah mencakup persiapan untuk menuju jenjang yang lebih tinggi.

Tidak perlu panjang lebar menerangkan apa saja kegiatannya. Karena pengenalan huruf, hafalan bacaan salat, surat pendek dan doa termasuk dalam mempersiapkan para santri anak didik untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Nah itulah informasi mengenai tujuan lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak alquran yang ada dalam SK Dirjen Pendis. Dalam uraian dan penjabarannya merupakan opini pribadi penafsiran sepihak dari admin.

Jika anda memiliki pandangan yang berbeda atau selaras dengan yang admin tulis, silakan menulis pada komentar. Termasuk apa yang menjadi opini anda pribadi sebagai pelaku pengajar atau pengamat pendidikan alquran.

Salam kenal, Wilujeng dalu, selamat malam, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *