Proses Verifikasi Pendaftaran LPQ dan Contoh Blangko Lengkap

Proses SK Penetapan Tanda Daftar LPQ

Informasi tentang proses verifikasi pengajuan lembaga pendidikan al-Qur’an (TPQ, TQA, Paud Al-Qur’an, Rumah Tahfidz Al-Qur’an dan lembaga sejenis mengacu kepada ketentuan yang tercantum pada SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 dilengkapi form blangko lengkap mulai surat tugas verifikasi berkas lapangan berita acara verifikasi dokumen dan rapat dalam format doc ms word dapat diedit.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sugeng siang para ASN Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama Khususnya Seksi PD Pontren atau Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam di seluruh dunia, dan juga para penggiat pendidikan islam wa bil khusus LPQ, mengacu pada SK Dirjen diatas dalam pengeluaran SK Penetapan tanda daftar LPQ melewati jalan yang lurus dan pendek.

Hal ini sudah ada ketentuan pakemnya mulai dari awal langkah pembuatan surat tugas verifikator sampai dengan siapa yang membuat konsep Surat Keputusan dari Kepala Kankemenag tentang Penetapan Tanda Daftar LPQ yang telah dinyatakan layak untuk mendapatkan nomor statistik.

Bagaimana langkah dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam? Berikut mari kita cermati satu persatu langkah dalam penetapan lembaga ini setelah berkas proposal pengajuan masuk ke Kankemenag.

Berikut langkah-langkahnya.

Membuat Surat Tugas Verifikasi Dokumen Persyaratan Administratif, Teknis, dan Kelayakan

surat tugas verifikasi LPQ

Setelah berkas masuk ke Kemenag dan di disposisi kepada seksi yang menangani pendaftaran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) yang biasanya PD Pontren atau pakis, selanjutnya ditunjuk tim yang bertugas untuk melakukan verifikasi dokumen yang masuk.

Kalau dalam contoh kolom yang diketengahkan dalam SK Dirjen pendis, hanya ada 2 buah kolom untuk mengisi surat tugas, akan tetapi jika mengacu kepada penanda tangan tim verifikasi pada berita acara verifikasi dokumen ada 3 kolom tanda tangan, sehingga logikanya dalam surat tugas ini menunjuk 3 orang yang bertugas.

Contoh blangko dan keterangan lebih detail silakan menuju ke Format Surat Tugas Verifikasi Dokumen Persyaratan.

Berita Acara Verifikasi Dokumen Persyaratan Administratif Teknis dan Kelayakan Lembaga

berita acara verifikasi dokumen TPQ LPQ

Bagi para petugas yang terbentuk berdasarkan surat tugas diatas, sesuai dengan isi surat tugas maka para personal ini melakukan penelitian dan pengecekan berkas maupun lampiran proposal yang masuk mengajukan permohonan tanda daftar LPQ, entah TPQ TQA Rumah Tahfidz Al-Qur’an maupun Paud-Q.

Apabila penelitian dan pengecekan kelengkapan berkas dan data pengajuan selanjutnya berdasarkan hasil verifikasi ini dibuatkan berita acara verifikasi dokumen yang berisi hari tanggal tahun dan data lembaga disertai dengan hasil verifikasi dokumen yang terdiri dari

  • Dokumen administrasi
  • Dokumen Teknis
  • Dokumen Kelayakan

Pada masing masing dokumen ini akan diberikan opini Layak atau tidak layak ditinjau atas dari berkas yang masuk dan di lakukan pengecekan.

Lebih lengkap tentang Format Berita acara verifikasi dokumen dan contoh blangko pada tulisan File Berita Acara Verifikasi Dokumen Pengajuan Permohonan Tanda Daftar.

file hasil verifikasi dokumen pendaftaran LPQ

Dalam berita acara verifikasi dokumen ini terdapat lampiran hasil verifikasi persyaratan administratif dan teknis serta kelayakan lembaga yang berisi data lembaga yang di cek berkas berkasnya seperti form permohonan, fotocopy akte notaries, SK Struktur Organisasi, KTP Pengurus Lembaga, dan lain sebagainya.

Sedangkan syarat teknis berupa standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar evaluasi.

Lebih lengkap mengenai download blangko ini dapat anda lihat pada Hasil Verifikasi Dokumen Persyaratan Administratif dan Teknis.

Surat Tugas Verifikasi Lapangan Pendaftaran LPQ

surat tugas verifikasi lapangan

Setelah proses pembuatan berita acara tentang verifikasi berkas dan dokumen selesai ditanda tangani dan diserahkan kepada pihak yang berwajib, apabila lolos dalam hal verifikasi dokumen selanjutnya adalah kegiatan berupa kunjungan ke lokasi atau verifikasi faktual yang dalam bahasa SK Dirjen disebut dengan verifikasi lapangan.

Kegiatan visitasi kunjungan verifikasi lapangan ini dilakukan oleh 3 orang (mengacu kepada jumlah penandatanganan berita acara) dengan bukti pembuatan surat tugas kolektif kepada pegawai yang ditunjuk.

Selanjutnya berbekal surat tugas verifikasi lapangan pendaftaran LPQ ini berangkatlah petugas menuju lokasi pada tanggal sebagaimana yang tertera pada surat tugas pelaksanaan.

Kemudian PNS atau ASN /yang ditunjuk melakukan pencocokan data antara apa yang ada di proposal dengan keberadaan kenyataan lembaga di lapangan.

Lebih jelas dan unduh form surat tugas silakan menuju ke Format SUrat Tugas Verifikasi Lapangan Pendaftaran LPQ.

Berita Acara Verifikasi Lapangan Pendaftaran

berita acara verifikasi Lapangan TPQ

Tim yang selesai melakukan pencocokan data antara proposal dengan kenyataan di lapangan selanjutnya menuangkan hasil penelitian keberadaan lembaga ini dalam berita acara verifikasi lembaga pendidikan al-Qur’an.

Kemudian dalam berita acara ini tim memberikan opini berdasarkan persyaratan administrasi, teknis, kompetensi pendidik dan tenaga pendidik beserta sarana prasarana dinyatakan layak ataupun belum guna mendapatkan nomor statistik.

Sebagai bukti mengenai hasil lengkap verifikasi lapangan ini dicantumkan dalam lampiran.

Lebih detil dan unduh file silakan menuju ke Format Berita Acara Verifikasi Lapangan Pendaftaran LPQ.

hasil verifikasi lapangan TPQ

Seperti apa sih lampiran berita acara verifikasi lapangan pendaftaran LPQ?

Bentuk lampiran ini berupa form hasil verifikasi lapangan tanda daftar LPQ yang berisi sekilas biodata calon lembaga dan penyelenggaranya kemudian kolom tentang persyaratan dokumen administratif teknis, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana.

Bisa dikatakan form ini secara data bisa dikatakan persis dengan kolom verifikasi dokumen.

Perbedaannya adalah pada lampiran verifikasi lapangan ini terdapat nilai atau skor dimana jika dokumen, keadaan guru dan tendik serta sarana prasarana yang di cek terbukti ada maka akan mendapatkan skor angka 1, apabila nihil akan mendapatkan angka nol.

Berikut tautan lebih detil informasi untuk download file Hasil Verifikasi Lapangan Pendaftaran LPQ.

Berita Acara Rapat Pertimbangan Pemberian Pendaftaran LPQ

berita acara rapat pertimbangan pemberian pendaftaran TPQ

Dalam hal berita acara sebagai penggodokan dalam pertimbangan pemberian tanda daftar lembaga entah itu TPQ TQA Rumah Tahfidz ataupun Paud Al-Qur’an, terdapat 3 orang yang bertindak sebagai peserta rapat dan merumuskan apakah lembaga memenuhi persyaratan berdasarkan verifikasi dokumen dan lapangan.

Selanjutnya setelah ditanda tangani oleh Kankemenag, selanjutnya dari Pihak Ka. Subbag. TU menyiapkan rancangan Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota tentang Pemberian Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dan juga rancangan piagam.

Jadi sudah jelas ya yang bikin rancangan dari Kasubbag, bukan PD Pontren atau pakis.

Berikut form atau blangko untuk di download Format Berita Acara Rapat Pertimbangan Pemberian Pendaftaran LPQ.

Wilujeng enjang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar