Masa Pendidikan TPQ TKQ dan TQA


Share

Informasi tentang masa pendidikan TPQ TKQ dan TQA dalam hitungan tahun, berapa lama masing-masing jenjang pendidikan ini di tempuh untuk mendapatkan piagam atau ijazah kelulusan mengacu kepada SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng sonten kangmas mbakyu, sampean mengelola lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an atau jenis pendidikan yang serumpun semisal TKQ atau TQA?

penguji lisan calon santri baru putri (ilustrasi)

Sudah melakukan penjenjangan pendidikan pada anak-anak supaya nanti jelas kapan selesai pendidikan? Berapa tahun menempuh pembelajaran di TKQ TPQ dan TQA?

Untuk mengetahui waktu yang diperlukan santri untuk menyelesaikan pendidikan alquran pada jenjang TKQ TPQ maupun TQA maka perlu menengok kepada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam.
Surat ini bernomor 91 tahun 2020 yang pada tanggal 7 januari ditetapkan mulai berlaku.

baca : usia santri TKQ TPQ TQA

Didalamnya memberikan keterangan singkat tentang berapa lama atau berapa tahun masa pendidikan pada masing masing lembaga yaitu Taman Kanak-kanak alQur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an dan juga Ta’limul Qur’an lil aulad.

Juga diselipkan tentang jenjang pendidikan rumah tahfidz sebagai panduan para pengelola supaya manajemen pendidikan TKQ TPQ TQA dan rumah tahfidz lebih tertata dan berkesinambungan.

Langsung saja, seperti apa dan berapa lama/tahun masa pendidikan TKQ TPQ dan TQA, berikut kami kutipkan dari Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam no 91 tahun 2020 tersebut.

Masa Pendidikan Paud Al-Qur’an

Untuk jenjang pendidikan PAUD, diselenggarakan selama 2 tahun pendidikan.

Dengan begitu dapat dibagi menjadi 2 jenjang atau level, bisa dengan huruf seperti Paud A dan Paud B atau memakai kata level yaitu level 1 dan level 2.

santri TPQ Belajar
santri TPQ Belajar

Adapun ketentuan usia untuk Paudqu adalah anak santri dengan umur 4 sampai 6 tahun.

Masa Pendidikan Santri TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an)

Dalam juklak ini memberikan masa waktu pendidikan yang fleksibel.

Bahwasanya masa pendidikan pada TPQ diselenggarakan selama 2 sampai dengan 4 tahun.

Para pengelola bisa memilih apakah TPQ yang dikelola akan memiliki 2, 3 atau 4 jenjang pendidikan, dapat diberi nama A, B, C dan D maupun level 1, 2, 3, atau 4. Menyesuaikan jumlah yang dipilih.

baca : Tips dan kiat mengajar TPQ yang menyenangkan supaya anak tidak bosan

Anda dapat membuat anak-anak lulus TPQ dalam 2 tahun atau 3 tahun atau 4 tahun sesuai selera anda, merujuk kepada ketentuan ini.

Perihal usia, disebutkan bahwa untuk anak santri TPQ berusia antara 7 tahun sampai dengan umur 12 tahun.

Masa Pendidikan TQA

Pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu lembaga Ta’limul Qur’an Lil Aulad, masa pendidikannya diselenggarakan selama 3 tahun.

Jadi lembaga TQA yang memiliki lengkap masing-masing kelas akan mempunyai santri kelas 1, 2, dan 3. Atau anda bisa membuat jenjang a, b, dan c sesuai penamaan pengurus.

Tidak ada ketentuan penamaan tiap tahun dalam juknis yang terbit pada tahun 2020 ini.

Bagaimana dengan usia santri TQA?

calon santri TQA
calon santri Ta’limul Qur’an ditemani ibunya bermain ayunan

Untuk santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad adalah mereka yang berumur 12 tahun keatas.

Nah itulah informasi tentang masa pembelajaran santri pada TPQ TKQ ataupun TQA beserta umur dan usia murid. Tulisan ini mengacu kepada SK Dirjen Pendis.

Bagaimana jika membuat TKQ? Silakan saja disamakan dengan Paudqu karena secara usia dan jenjang pendidikan bisa dikatakan sama.

Apakah boleh membuat TPQ dengan 6 jenjang mengacu kepada pendidikan Sekolah Dasar?

Saya pribadi tidak menemukan adanya larangan tersebut. Apabila anda membuatnya seperti itu saya juga tidak yakin nanti akan didatangi oleh pegawai Kemenag. Selanjutnya petugas ini memberi sanksi kepada lembaga, lha wong membantu keuangan saja entah berapa banyak.

Akan tetapi ada baiknya lembaga anda didesain sebagaimana yang ada dalam juknis supaya bisa mengikuti irama yang ada.

Demikian obrolan malam ini, terima kasih sudah membaca, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.