Arti Muslimin wal Muslimat Mukminin wal Mukminat Tulisan Arab


Informasi tentang artinya kata muslimin wal muslimat mukminin dan mukminat dilengkapi dengan teks tulisan lafal huruf hijaiyah arab disertakan harakat yang dapat di copy paste pada word maupun website blog.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, bagi orang yang beragama Islam, tentunya sudah familiar dengan kata muslimin wal muslimat serta kalimat mukminin wal mukminat.

Memang apa artinya kaum muslimin dan muslimat?

Arti muslimin wal muslimat

tulisan arab muslimin wal muslimat

Mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan muslimin adalah para penganut agama Islam (pria), atau laki-laki muslim.

Sedangkan untuk arti mukminat artinya adalah para penganut agama Islam wanita atau perempuan.

Tata bahasa muslimin wal muslimat mengacu kepada tata bahasa arab yang membedakan antara laki laki dan perempuan dalam pemakaian kata.

Dengan begitu artinya muslimin dan muslimat dalam bahasa Indonesia adalah para penganut agama Islam laki laki dan perempuan. Atau sebutan untuk orang yang Islam laki-laki (muslimin) dan wanita (muslimat).

baca : Tulisan Allahummaghfir Lil Muslimina wal Muslimat Arab

Apa itu Islam?

Secara pengertian bahasa atau etimologis (asal-usul kata) “Islam” berasal dari bahasa Arab: salima (سَلِمَ‎) yang artinya “selamat”.

Dari kata itu terbentuk aslama (أَسْلَمَ) yang artinya menyerahkan diri atau tunduk dan patuh.

Dari kata aslama itulah terbentuk kata Islam (إِسْلَام‎). Pemeluknya disebut Muslim (مُسْلِم) kata tunggal, yang kata jamaknya adalah muslimun atau muslimin.

Jika mengacu kepada hadits nabi Muhammad saw, yang disebut dengan Islam adalah

  • Engkau bersaksi tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah;
  • menegakkan shalat;
  • menunaikan zakat;
  • berpuasa di bulan Ramadhan, dan
  • engkau menunaikan haji ke Baitullah, jika engkau telah mampu melakukannya

kesimpulannya, muslimin yaitu orang laki-laki, dan muslimat orang perempuan yang melakukan kelima hal diatas sebagaimana disebutkan hadits Rasulullah saw.

bagaimanakah tulisan teks arab muslimin wal muslimat? Berikut cara menulis muslimin wal muslimat dalam bahasa arab.

اَلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ

Nah sudah jelas pengertiannya ditambahkan juga tulisan lafal tersebut dalam huruf hijaiyah, selanjutnya mari kita teruskan kepada bab kedua.

arti mukminin wal mukminat

tulisan arab mukminin wal mukminat

apakah artinya mukminin wal mukminat?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa arti dari mukmin yaitu orang yang beriman (percaya) kepada Allah, sedangkan mukminin diartikan para mukmin.

Maksudnya yaitu mukminin merupakan bentuk kata jamak dari mukmin.

Dalam bahasa arab, penyebutan laki laki dan perempuan memiliki perbedaan, untuk laki-laki disebut dengan mukmin, sedangkan perempuan disebut dengan mukminah.

baca ; Tulisan astaghfirullahaladzim Arab yang Benar

Apabila memakai kata jamak maka para pria disebut dengan mukminin, dan para wanita disebut dengan mukminat kemudian diserap dan lazim dipakai di Indonesia menjadi kaum mukminin wal mukminat yang artinya orang orang laki laki dan perempuan yang beriman, percaya kepada Allah.

Apakah iman itu?

Kembali kedalam matan atau hadits nabi tentang Islam, iman dan Ihsan, yang disebut dengan Iman (orang beriman disebut mukmin) adalah

Iman adalah,

  • engkau beriman kepada Allah;
  • malaikatNya;
  • kitab-kitabNya;
  • para RasulNya;
  • hari Akhir, dan
  • beriman kepada takdir Allah yang baik dan yang buruk,

jadi yang dimaksud dengan kaum mukminin wal mukminat yaitu orang orang laki-laki (mukminin) dan perempuan (mukminat) yang percaya kepada Allah Subhanallahu wa Ta’aala, Malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rosul-Nya, hari akhir dan beriman kepada taqdir Allah yang baik dan buruk.

Ada yang menyebut mukminuun dan ada yang mengatakan mukminiin, mana yang benar? Keduanya adalah benar tergantung penggunaanya alam tata bahasa Arab.

baca : Robbi habli minassholihin arab arti gambar status WA

Akan tetapi kelaziman bahasa indonesia telah terbiasa dengan kata mukminin, tidak ada masalah dalam pemakaian antara mukminun dengan mukminin dalam bahasa Indonesia (menurut saya).

Bagaimanakan tulisan arab mukminin wal mukminat?

Berikut adalah lafal teks arab mukminin wal mukminat dalam bahasa Arab huruf hijaiyah dilengkapi harakat dan syakal guna kemudahan dan kemanfaatan copas pada tulisan yang mungkin dibutuhkan.

اَلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Penulisan diatas dengan menggunakan kaidah Bahasa Arab sehingga kata mukminin ditambahkan al didepannya, sehingga dibaca al mukminiina wal muslimaati.

Kesimpulan

kata mukminin wal mukminat maupun muslimin wal muslimat berasal dari kosakata bahasa Arab.

Muslimin wal muslimat artinya adalah orang orang Islam laki laki dan perempuan.

Mu’minin wal mu’minat artinya adalah orang orang laki laki dan perempuan yang percaya beriman.

Itulah tambahan tulisan pagi ini, semoga kita dimasukkan kedalam golongan orang orang yang Islam dan yang beriman. Aamiin yaa Rabbal Aalamiin. Wilujeng enjang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.