arti-tabayyun

Arti Tabayyun

Mengenal tentang arti tabayyun dan informasi yang menunjang dalam pemahaman dan guna menjawab jika ada pertanyaan tabayyun artinya apa?

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sugeng siang selamat beraktivitas para pembaca, pastinya sudah pernah mendengar kata tabayyun khan?

Berikut adalah informasi sekilas tentang apa arti dari tabayyun ditinjau dari segi arti dan penggunaannya.

Asal kata Tabayyun

Kata ini berasal dari Bahasa Arab tabayyana – yatabayyanu – tabayyunan

تَبَيَّنَ – يَتَبَيَّنُ – تَبَيُّنًا

Yang dalam terjemah arti pada alQur’an diartikan dengan meneliti terlebih dahulu.

Arti Kata Tabayyun

Kata tabayyun juga dapat diartikan kedalam bahasa Indonesia dengan kroscek, memeriksa, konfirmasi, mencari kejelasan atau dalam kalimat panjang yang dimaksud tabayyun adalah konfirmasi, meneliti dan verifikasi terhadap sesuatu (melakukan cek terhadap hal).

Kalau anda orang Jawa tulen dan fasih dalam berbahasa jawa, tabayyun juga memiliki makna yang sama dengan nggenahke, nggenahne, neliti.

Dalam alquran surat al Hujurat terdapat kata dengan akar sama tabayyun, yaitu dalam quran surat al Hujurat ayat 6. Berikut tulisan lengkap arab latin dan terjemahnya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Yā ayyuhallażīna āmanū in jāakum fāsiqum binabain fa tabayyanū an tuṣībụ qaumam bijahālatin fa tuṣbiḥụ ‘alā mā fa’altum nādimīn

Artinya “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al Hujurat: 6).

Dalam Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, kata فَتَبَيَّنُوا pada ayat diatas diartikan dengan “maka periksalah dengan teliti”.

Dalam ayat diatas, kegiatan tabayyun merupakan langkah preventif agar tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya.

Langkah preventif ini berupa tabayyun atau melakukan penelitian, konfirmasi, nggenahne, korscek, dan kata kata lain (dalam ayat disebut suatu berita) terhadap kebenarannya supaya seorang tidak menimpakan musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang akan berbuah penyesalan.

Alasan perlunya tabayyun

tabayyun-meneliti-terlebih-dahulu
meneliti terlebih dahulu

Di dunia yang beraneka ragam sifat sikap dan kelakuan manusia, dalam alquran menyebutkan bahwa jika ada orang fasik yang membawa berita kepada orang Iman maka untuk diperiksa dan diteliti.

Tujuan dari pemeriksaan dan penelitian (tabayyun) berita yang dibawa oleh orang fasik untuk menghindarkan dari perbuatan yang merugikan suatu kaum tanpa tahu kebenaran yang semestinya.

Dengan begitu akan menghindarkan dari penyesalan karena salah dalam bertindak.

Penutup

Itulah arti kata dari tabayyun dan kata padanan secara kata yang menunjukkan makna meneliti terlebih dahulu.

Semoga menambah wawasan dalam istilah istilah yang banyak dipakai dalam pengajian maupun pembelajaran materi agama Islam. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar