Arti Na’am Artinya dalam Bahasa Arab Contoh Kalimat Jawabannya

Share

Arti na’am artinya dalam Bahasa Arab beserta Contoh Kalimat dan Jawabannya dalam tanya jawab lengkap dengan terjemah Bahasa Indonesia dan teks latin untuk memudahkan menulis dan membacanya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, selamat malam kakak yang baik hati tidak sombong rajin menabung dan soleh solihah. Arti na’am artinya adalah “YA” alias iya.

Yaitu suatu jawaban atau menjawab pertanyaan dalam bahasa arab yang menggunakan kata “hal”. Contoh singkatnya yaitu hal anta tilmidzun? Na’am, ana tilmiidzun. Artinya apakah anda seorang siswa laki? Ya saya adalah seorang siswa laki-laki.

Nah sudah tahu kan artinya na’am dalam Bahasa Arab beserta terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Fungsi kata na’am dalam Bahasa Arab

arti na'am artinya

Sebagaimana barusan kami sampaikan, untuk sekedar menguatkan apa yang sudah sampean baca, kata na’am ini untuk merespon atau menjawab pertanyaan yang memakai kata hal yang artinya adalah “APAKAH”.

Tulisan hal dalam bahasa Arab sebagai berikut “هَلْ”.

Meskipun begitu, tidak semua pertanyaan menggunakan kata Hal jawabnya memakai kata na’am untuk menjawabnya.

Kenapa begitu?

Ilustrasinya seperti ini dalam soal tanya jawab.

Hal anta ustadzun? Artinya apakah anda Bapak guru?

Tentunya anda tidak akan menjawab dengan “Ya, saya adalah bapak guru”.

Mestinya anda menjawabnya dengan,”Tidak, saya seorang siswa.

Bahasa arab untuk menjawab pertanyaan ini adalah ;

Laa, ana tholibun, artinya, tidak, saya seorang murid.

Nah, tentunya kata na’am ini dalam menggunakannya tetap melihat kepada situasi dan kondisi orang yang bertanya dan menanyakan apa.

Baru kemudian anda bisa menentukan apakah menjawabnya dengan na’am atau laa (menjawab dengan iya atau dengan kata tidak dalam Bahasa Arab).

Berikut adalah sedikit contoh dalam menggunakan kata na’am atau Iya dalam Bahasa Arab lengkap dengan pertanyaan dan jawabannya serta arti Bahasa Indonesia dan teks latin.

Hal anti tilmidzatun? Na’am ana tilmiidzatun artinya apakah kamu siswi? Ya saya siswi.

Hal amaamal madrasati saahatun? Na’am amaamal madrasati saahatun, apakah didepan sekolahan ada halaman? Ya, didepan sekolahan ada halaman.

Hal fil fashli sayyarotun? La, fil fashli makatibu wa karosiyu wa saburotun, artinya apakah di dalam kelas ada mobil? Tidak, di dalam kelas ada meja-meja, kursi-kursi dan papan tulis.

Kesimpulan Arti na’am artinya dan Jawabannya

Secara terjemah dalam Bahasa Indonesia, arti نَعَمْ(na’am) adalah IYA atau YA.

Kata na’am biasanya untuk menjawab pertanyaan bahasa arab yang awalnya menggunakan kata هَلْ (hal) yang artinya apakah.

Tidak semua pertanyaan yang awalnya menggunakan هَلْ (hal) jawabannya adalah نَعَمْ(na’am), bisa juga jawabannya memakai kata لَا yang artinya adalah “TIDAK”.

Demikianlah informasi mengenai arti na’am artinya dalam Bahasa Arab ke Indonesia yaitu “YA atau IYA” beserta contoh kalimat dan artinya beserta teks latin dan cara membacanya. Salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *