Tulisan astaghfirullahaladzim Arab yang Benar

TULISAN-ISTIGHFAR-ARAB

pontren.com – Tulisan astaghfirullahaladzim arab yang benar. Assalamu’alaikum. Berikut adalah cara penulisan kalimat istighfar atau astaghfirullahaladzim dalam bahasa arab dengan kaidah spasi maupun tatanan lengkap dengan harakat serta syakal beserta gambar dalam format png guna kemudahan menyalin dalam buku atau word.

Tulisan Astaghfirullahaladzim Arab

Berikut adalah tulisan lafadz istighfar astaghfirullahaladzim yang benar dilengkapi harakat syakal dalam bahasa arab beserta arti terjemahnya;

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Dalam tulisan latin ; astagfirullahal adziim
Artinya : Saya mohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung.

Sayyidul istighfar arab dan artinya

Berikut adalah tulisan lengkap tentang sayyidul istigfar baik dalam tulisan arab maupun latin disertakan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

allahumma anta robbii, laa ilaaha illa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’adtaka mastato’tu, a’uudzu bika min syarri maa sona’tu, abuu u laka, bini’matika ‘alaiyya, wa abuu u bidzanbii faghfirlii, fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

artinya; Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.

dalam hal ini menurut riwayat dari Syaddad bin Aus Sesungguhnya Istighfâr yang paling baik adalah seseorang hamba mengucapkan kalimat diatas.

anjuran istighfar

TULISAN-ASTAGHFIRULLAHALADZIM-ARAB-YANG-BENAR
tulisan istighfar astaghfirullahadzim

setiap manusia anak turun dari Nabi Adam mestinya memiliki dosa, akan tetapi sebaik baiknya orang yang berdosa adalah yang meminta ampunan kepada Allah SWT dan bertaubat.

Ayat ayat tentang istighfar

Berikut beberapa ayat alam alquran yang menyebut atau terkait dengan istighfar beserta artinya;

Qur’an Surat Al Baqarah ayat 148

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Fastabiqul khoirooti aina maa takuunu ya’ti bikulullahu jamii’an innallaaha ‘alaa kulli syaiin qadiir

Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Qur’an Surat Al Anbiyaa Ayat 90

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

Innahum kaanuu yusaari’uuna fil khoirooti wa yad’uunanaa raghaban wa rahaban wa kaanuu lanaa khoosyi’iin

Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu´ kepada Kami.

Hadis Tentang Istighfar

Berikut beberapa hadis riwayat yang berkaitan dengan istighfar (astaghfirullahaladzim)

Hadis Riyawat Al Aghorr Al Muzanni yang diriwayatkan Imam Muslim no. 2702, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak seratus kali.
Dalam riwayat al-Imam Muslim, Ahmad dari al-Muzanni al-Aghar, dan al-Nasa’i dari Abu Hurairah, keduanya berkata;

اَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم جَمَعَ النَّاسَ فَقَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى اللَّهِ فَإِنِّي أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ فِي اليَوْمِ اِلَيْهِ مِئَةَ مَرَّة

Artinya; “Sesungguhnya Nabi Saw. mengumpulkan manusia dan beliau berseru,’Wahai manusia, tobatlah kalian kepada Allah. Sesungguhnya saya bertobat kepada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.”

Itulah tulisan astaghfirullahaladzim arab dengan keterangan dan ayat serta riwayat hadis mengenai istighfar. Semoga menambah wawasan keilmuan dalam agama Islam.

Sugeng enjang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar