Contoh Kata Kata Sambutan Tuan Rumah Acara Yasinan


tuan rumah acara pengajian yasinan

Informasi tentang prakata atau kata sambutan dari pihak tuan rumah penyelenggara atau yang ketempatan kegiatan rutin acara pengajian yasinan dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa / Boso jowo lengkap dengan pembukaan Arab dilengkapi teks tulisan latin.

pontren.com – salam, wilujeng dalu, selamat malam para aktivis keagamaan utamanya pengajian baik umum ataupun yasinan, kali ini adalah postingan tentang contoh sambutan tuan rumah menggunakan bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia pada acara Yasinan.

Teringat tetangga saya dahulu di Kampung yang bernama mas Parman, (sekarang dipanggil Pak Parman karena sudah lumayan senior) yang lebih sreg memakai kata ngaji Yasin daripada Yasinan.

Alasannya simpel, karena jika ditambahi akhiran an menjadi kata yang lain (menurutnya) yaitu menjadi dolanan atau mainan, misalnya montoran (mobil mobilan) duitan (duit-duitan), dan lain sebagainya.

Akan tetapi ini hanyalah perasaan dalam bahasa saja, tentu tidak mengubah inti atau ruh dalam membaca surat al Qur’an itu sendiri.

Langsung saja, berikut adalah contoh sambutan dari tuan rumah dalam acara yasinan

Sambutan Tuan Rumah acara Yasinan Bahasa Jawa

Meskipun pelajaran bahasa Jawa merupakan salah satu mapel yang susah dijawab apalagi menggunakan huruf jawa, pastinya di kampung atau kompleks perumahan di Jawa Tengah lazimnya menggunakan bahasa Jawa sebagai pengantar dalam berkomunikasi.

Termasuk didalamnya pada acara resmi kampung semisal pengajian, rapat RT, RW ataupun kumpulan Karang Taruna, termasuk pengajian yasinan, untuk itu perlu sekiranya sedikit meluangkan waktu untuk berlatih supaya lancar pada saat acara sambutan.

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه

Teeks latin : Innal hamda lillahi, nahmaduhu wa nasta’iinuhu wa nastaghfiruhu, wa na
Udzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalina, man yahdihillahu falaa mudlilla lah, wa man yudhlil falaa haadiya lah, wa asyhadu al laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariika lah, wa asyadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.

Ingkang kulo Hormati, Bapak Kiai/ustadz ……..
Ingkang kawulo hormati ugi poro jamaah yasinan malam Jum’at Dusun Sepranten Girimulyo

Sepindah, monggo bapak ibu kulo dereaken muji syukur dumateng Allah Subhanahu wa Ta’aala ingkang kanthi kathah nikmat barakahipun kito sedoyo saget kumpul wonten ing acara yasinan rutin wekdal sakmeniko ing gubug kawulo.

Sholawat soho salam dumateng penutup poro Nabi, Muhammad sollallahu ‘alaihi wa sallam ingkang dados conto lan panutan umat Islam ingkang dipun tenggo tenggo syafa’atipun ing dinten pembalasan.

Nomer kalih, kawulo aturaken sugeng rawuh dumateng poro rawuh jamaah yasinan, kawulo ngaturaken panuwun ingkang sanget ndumuheni pepanggihan sae ing dalu puniko wonten ing papan panggenan kulo sekeluarga.

Ingkan nomer tigo, mbok bilih anggen kulo nyambut, nyiapaken papan panggenan ugi sak mangkih unjukan kalebet ubo rampenipun wonten ingkang kirang mranani panggalih poro warga yasinan, kawulo sekeluarga sanget sanget nyuwun longgaripun manah poro rawuh kerso maringi pangapunten.

Mbok bilih cekap semanten sambutan saking kawulo, wonten kathah klenta klentunipun atur, kawulo nyuwun pangapunten. Akhirul kalam, wa billahi taufiq wal hidayah, wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Begitulah contoh sambutan tuan rumah acara yasinan yang dapat kami persembahkan, pastinya kata sambutan tuan rumah acara yasinan rutin ini sifatnya tidak mengikat, hanya sebagai salah satu dari ribuan contoh yang bertebaran di dunia maya.

Panjenengan dapat melakukan ubahan maupun tambahan kata, pengurangan termasuk memakai semuanya ataupun sama sekali meninggalkan contoh ini.

Bagaimana dengan sambutan tuan rumah acara yasinan yang simpel padat dan cepat ringkas dan singkat? Secara garis besar hal diatas hanya diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, yang hasilnya kira kira seperti dibawah ini.

Sambutan Tuan Rumah acara yasinan dalam Bahasa Indonesia

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللهِ الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِ الله، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِالله وَ بَعْدُ

Teks tulisan Latin : Bismillahilhamdulillah washsholaatu wassalaamu ‘alaa rosuulillah, laa haula wa laa quwwata illaa billah, wa ba’du.

Arti dalam Bahasa Indonesia : Segala Puji bagi Allah, Sholawat dan Salam-Nya semoga tetap tercurahkan ke haribaan Nabi agung Muhammad S.A.W. (tidak harus diucapkan).

Yang terhormat, para hadirin pengajian rutin yasinan malam Kamis di Wilayah Dusun Sepranten dan Gadungan,

Pertama-tama, marilah kita memuji dan bersyukur kepada Allah atas segala nikmat dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul pada acara rutin yasinan yang merupakan agenda rutin sebulan sekali di tempat kita ini, semoga Allah memberkahi dan memberikan barakah kepada yang hadir. Amiin.

Selanjutnya, kami ucapkan selamat datang kepada para jamaah yasinan rutin dan kami haturkan rasa terima kasih atas kehadiran semuanya di tempat tinggal keluarga kami ini, sekali lagi kami ucapkan terima kasih.
Sebagai tuan rumah pada kegiatan yasinan ini apabila dalam menyambut, menyiapkan tempat serta kelengkapannya dan nanti hidangan dan yang lain ada yang kurang berkenan di hati para jamaah yang hadir, atas nama keluarga saya mohon maaf.

Demikian sambutan kami selaku tuan rumah dalam acara ini, apabila terdapat tutur kata yang kurang baik, tidak pantas dalam penyampaian, kami untuk dimaklumi dan dimaafkan, wallahul muwafiq biaqwaamith thaariq, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Nah begitulah contoh sambutan tuan rumah dari kami, anda dapat mencari dari website atau blog lain untuk melengkapi khazanah kosakata sambutan yang anda inginkan.

Inti dari sambutan yang dibuat pada postingan kali ini adalah sebagai berikut;

  • Pertama, pembukaan,
  • Kedua, ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran jamaah yasinan
  • Ketiga, permohonan maaf apabila ada hal yang kurang berkenan dalam penyediaan tempat dan hidangan;
  • Ketiga, penutup.

Sebenarnya itu saja menurut saya inti dari sambutan untuk acara semi formal yaitu pengajian yasinan, wilujeng dalu.
Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: