Contoh Surat Keputusan Kepala tentang Kurikulum Madrasah


penetapan kurikulum madrasah

Download contoh SK Penetapan Kurikulum Madrasah dalam format doc ms word mengacu kepada Standar Dokumen Administrasi Madrasah Direktorat Pendidikan Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama disertai dengan blangko pengesahan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang para tenaga administrasi Pendidikan Madrasah baik Kepala Tata usaha maupun jajaran staf JFU yang menjadi tulang punggung kegiatan pengadministrasian di madrasah, semoga kesehatan keselamatan dan kesejahteraan senantiasa terlimpahkan kepada anda semuanya.

Mengacu kepada standar dokumen madrasah, berikut disusun sebuah contoh Surat Keputusan Penetapan dan Pengesahan Kurikulum Madrasah yang dapat diaplikasikan pada jenjang MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan juga MA (Madrasah Aliyah) baik sekolah negeri maupun swasta.

Isi SK Penetapan Kurikulum Madrasah

Adapun yang menjadi pertimbangan pada pembuatan SK ini setidaknya ada 2 hal yaitu;

Pertama, bahwa Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kedua, bahwa Madrasah yang dikeluarkan SK Penetapan kurikulum ini merupakan salah satu satuan pendidikan madrasah di bawah binaan Kementerian Agama;

Selanjutnya berdasarkan kedua pertimbangan diatas Berdasarkan petimbangan perlu ditetapkan adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran yang akan diarungi.

Kemudian, berbagai undang undang dan peraturan serta keputusan agama diingat dalam pembuatan ini.

Berikut kedelapan hal yang diingat dalam penetapan SK Kurikulum Madrasah;

  1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  3. Peraturan Menteri Agama No. 2 tahun 2008, tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi;
  5. Peraturan Menteri Pedidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan Peraturan Mendiknas No 22 dan 23 tahun 2006;
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian;
  8. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/ PP.00/ED/681/2005 tanggal 1 Agustus 2006 tentang pelaksanaan Standar Isi.

Hal lain yang menjadi perhatian dalam pembuatan contoh Surat Keputusan Penetapan Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Tsanawiyah Aliyah ini adalah Masukan dan pertimbangan Komite Madrasah, Pendidik, Tenaga Kependidikan dan seluruh pemangku kepentingan madrasah pada Workshop Penyusunan Kurikulum Madrasah Tahun Pelajaran berjalan dengan dicantumkan tanggal pelaksanaan workshop penyusunan kurikulum.

Selanjutnya dengan berbagai pertimbangan diatas, maka Kepala Madrasah menetapkan SK yang berbunyi sebagai berikut;

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH ………………….. NTANG PENETAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MADRASAH ……………………….
TAHUN PELAJARAN …………….

Ada 4 ketetapan Kepala Madrasah berkenaan dengan SK Penetapan Kurikulum Madrasah ini yaitu;

  1. Memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah……………. sebagai pedoman pelaksanaan dan penyelenggaraan pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di Madrasah…………… pada tahun pelajaran
  2. ………………;
  3. Semua warga madrasah harus melaksanakan Kurikulum ini dengan penuh tanggung jawab;
  4. Dokumen Kurikulum ini akan direvisi setiap awal tahun pelajaran dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan madrasah;
  5. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Download Contoh SK Kurikulum Madrasah

Di penghujung tulisan, berikut kami lampirkan penampakan file SK Penetapan Kurikulum Madrasah oleh Kamad yang dibuat dalam format doc ms word dapat diedit menyesuaikan dengan kondisi madrasah baik Ibtidaiyah Tsanawiyah Aliyah Negeri Swasta.

Tampilan ini berguna untuk melihat lihat bentuk model file sebelum anda mengunduh atau download jika sekiranya anda menginginkannya.

Apabila hanya sekedar ingin melihat lihat sebagai komparasi perbandingan ataupun acuan, anda tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu kalau keperluannya sekedar ingin melihat formatnya.

Berikut tampilannya.

Anda dapat mengunduh gratis free download file contoh Surat Keputusan Penetapan Kurikulum Madrasah langsung melalui tampilan preloved diatas.

Apabila ada kendala dengan pengunduhan secara langsung dari review, berikut kami bagikan tautan untuk menuju penyimpanan yang dapat anda unduh secara seksama.

Download Contoh SK Penetapan Kurikulum Madrasah

Demikian informasi mengenai contoh surat surat keputusan kepala Madrasah tentang penetapan kurikulum madrasah mengacu kepada contoh yang ada dalam standar administrasi madrasah yang dirilis oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama lengkap dengan form pengesahannya.

Wilujeng siang, selamat rolasan, semoga segera gajian dan diberikan kemudahan dalam menyelesaikan masalah yang datang dan juga dikuatkan dalam semangat dan niat. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: