Keputusan Menteri Agama Nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah

pma tentang kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah

Download file Keputusan Menteri Agama KMA nomor 183 tahun 2019 tentang kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah PDF yang akan dipergunakan mulai tahun ini (tahun ajaran baru 2020/2021) baik pada jenjang madrasah Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), maupun Aliyah (MA) dan diberlakukan serentak pada semua jenjang tingkatan kelas pada tahun pembelajaran ini.

Pontren.com – assalamu’alaikum, dengan keberadaan KMA baru ini maka bagi para pengajar mapel PAI dan Bahasa arab pada madrasah perlu mempelajari adanya perubahan dimana sebelumnya mengacu kepada KMA 165 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah, dengan adanya Keputusan menteri agama no 183 tahun 2019 maka KMA no 165 tahun 2014 sudah digantikan dengan ketentuan yang baru dimaksud. Singkatnya KMA no 165 th 2014 sudah tidak berlaku lagi.

Perbedaan KMA 183 th 2019 (baru) dengan KMA no 165 th 2014 (yang lama)

Walaupun terdapat perubahan dari KMA no 165 th 2014 ke KMA 183 th 2019, dalam hal mata pelajaran dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab tetaplah sama Mata Pelajaran itu mencakup Quran Hadist, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab. “

Perbedaan kedua PMA ini (KMA 183 dengan 165) lebih pada keberadaan perbaikan substansi materi pelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan kehidupan abad 21.

Perihal buku buku sebagai sumber materi pembelajaran, orang tua wali murid pada madrasah maupun para guru pengajar dan pengampu bidang studi PAI dan Bahasa Arab tidak perlu resah dan khawatir.

Kemenag telah menyiapkan materi pembelajaran pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang baru dan buku buku dimaksud dapat diakses melalui website e-learning madrasah, jadi tidak perlu repot repot untuk membeli buku yang baru.

Pertimbangan penetapan Kurikulum

Yang menjadi pertimbangan dalam dikeluarkan Keputusan Menteri Agama nomor 183 tahun 2019 adalah untuk standardisasi kurikulum pendidikan agama Islam dan bahasa arab pada madrasah, perlu ditetapkan kurikulum pendidikan agama Islam dan bahasa arab pada madrasah perlu menetapkan Keputusan Menteri Agama tentang Kurikulum dimaksud.

Isi Keputusan dalam KMA no 183 tahun 2019

Ada 5 (lima) keputusan dalam Keputusan Menteri Agama nomor 183 tahun 2019, adapun keempat keputusan dimaksud adalah sebagaimana dibawah ini;

KESATU : Menetapkan Kurikulum Pendidikan Agama dan Bahasa Arab pada Madrasah sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini. (Lampiran PMA no 183 th 2019)

KEDUA Kurikulum sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU menjadi acuan bagi madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan pendidikan di madrasah.

KETIGA : Kurikulum sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU mulai berlaku pada Tahun Pelajaran 2020-2021.

KEEMPAT : Pada saat Keputusan ini mulai berlaku, Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

KELIMA : Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Kapan keputusan ini ditetapkan? Keputusan ini Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 7 Mei 2019 oleh MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA kala itu yaitu dijabat oleh LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN.

Maksud dan tujuan KMA no 183 tahun 2019

Maksud Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah dimaksudkan sebagai panduan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum PAI dan Bahasa Arab di madrasah.

Tujuan : Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah bertujuan untuk standarisasi Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di madrasah.

Ruang Lingkup Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah

Dalam hal Ruang lingkup kurikulum PAI dan Bahasa Arab madrasah meliputi 5 (lima) hal.

Berikut kelima hal dimaksud:

  1. Kerangka Dasar Kurikulum PAI dan Bahasa Arab;
  2. Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab;
  3. Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab;
  4. Penilaian PAI dan Bahasa Arab; dan
  5. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan bahasa Arab pada madrasah.

Dan masih banyak lagi perihal dalam KMA dimaksud yang dapat anda baca sendiri pada tautan atau unduhan dibawah ni.

Download KMA 183 tahun 2019

Berikut adalah tautan untuk mengunduh file Keputusan Menteri Agama nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah dalam format PDF dan ditampilkan dalam preview atau preloved dimana sampean bisa melihat file ini tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Berikut tampilannya.

Itulah bentuk atau penampakan dari KMA yang menggantikan KMA sebelumnya (no 165 tahun 2014).

Ada kendala dalam mengunduhnya? Berikut tautan atau link untuk mengunduh file dimaksud.

Unduh KMA 183 tahun 2019

file ini disediakan unduh gratis alias free download, selamat mempelajari ketentuan yang baru.

Semoga para guru selalu diberikan keberkahan kekuatan kesabaran dan keberhasilan dalam mendidik putra putri di Madrasah, dimudahkan dalam kepemilikan rumah kendaraan dan juga sertifikat tanah, mendapatkan pasangan hidup yang soleh solihah bahagia sakinah mawaddah wa rahmah dunia dan akhirat.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar