Verifikasi dan Validasi data Peserta Didik Santri PKKPS & Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)

verval peserta didik pkbm santri pkpps

Informasi tentang VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA PESERTA DIDIK Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) yang didalamnya termasuk PKPPS (Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah yang dahulu bernama PPS Wajardikdas.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, untuk informasi secara umum bahwasanya Operator Sekolah melakukan pengisian data melalui aplikasi DAPODIK .

Operator Sekolah melakukan registrasi untuk menjadi pengelola data peserta didik melalui laman jaringan pengelola data (sdm.data.kemdikbud.go.id).

Operator Sekolah yang sudah terdaftar melalui jaringan pengelola data dapat mengakses laman vervalpd.kemdikbud.go.id menggunakan username dan password yang terdaftar di jaringan pengelola data (SDM).

TUJUAN VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA SANTRI PADA PKPPS

Apa saja sih dari verval atau verifikasi dan validasi santri yang sedang menimba ilmu pada pondok pesantren salafiyah yang berada pada Program Pendidikan Kesetaraan?

Ada 3 tujuan keberadaan verval santri peserta didik pada PKPPS.

Adapun ketiga tujuan dimaksud adalah;

  • Memastikan jumlah peserta didik yang masuk ke vervalpd sesuai dengan jumlah peserta didik yang sudah diisikan ke aplikasi DAPODIK.
  • Memastikan peserta didik yang sudah diisikan ke aplikasi DAPODIK memiliki NISN.
  • Memperbaiki data yang tidak sesuai (data invalid) pada aplikasi DAPODIK agar peserta didik memenuhi syarat untuk diberikan NISN.

Cara login aplikasi vervalpd

Berikut adalah langkah dan cara untuk mengakses aplikasi vervalpd.

  1. Ketikkan Ketikkan vervalpd.data.kemdikbud.go.id pada browser semisal mozilla, google chrome, atau microsoft edge dimana anda mengakses halaman internet.
  2. Masukkan user name yang anda miliki
  3. Masukkan password, kemudian lanjutkan memilih login.

Aproval perubahan nama

Persetujuan perubahan data dan identitas santri/peserta didik yang ada di menu aproval adalah kewenangan operator dinas pendidikan kabupaten/kota

Untuk melihat panduan aproval identitas dapat didownload pada http://sdm.data.kemendikbud.go.id pada sub menu panduan.

Informasi verifikasi dan validasi santri peserta didik, dalam rangka antisipasi kebutuhan NISN ( kepada lembaga untuk memastikan masing masing santri atau peserta didik telah memiliki NISN yang dilakukan oleh setiap operator sekolah (layanan mandiri) melalui http://vervalpd.data.kemendikbud.go.id

Berikut adalah tampilan dari menu home pada aplikasi vervalpd

menu-home-aplikasi-vervalpd

Pada menu referensi – Aktif, disana memberikan informasi semua data peserta didik aktif yang sudah valid dan diberikan NISN secara otomatis oleh sistem.

menu-referensi-vervalpd

Menu Referensi – Lulusan, menampilkan daftar data lulusan.

Pada bagian Menu Belum Memiliki NISN, menampakkan seluruh data peserta didik yang belum memiliki NISN karena keterlambatan diisikan pada DAPODIK berdasarkan batas akhir pengisian untuk penomoran otomatis.

menu-belum-memiliki-nisn-aplikasi-vervalpd

Dalam hal ini Peserta didik akan diberikan NISN secara otomatis di semester berikutnya.

Dalam hal menu Data Invalid, memberikan informasi tentang semua data peserta didik/santri pendidikan kesetaraan pada ppondok pesantren yang tidak valid dan perlu dilakukan perbaikan data di aplikasi DAPODIK.

data-invalid-aplikasi-vervalpd

Setelah semua beres, anda dapat menuju menu log out, yaitu menu atau fasilitas tombol yang dipergunakan untuk keluar dari aplikasi vervalpd ini.

Demikian informasi tentang VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA PESERTA DIDIK Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) yang semestinya berguna juga untuk PKPPS (Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren dimana sebutan untuk peserta didik biasa dipanggil dengan santri.

Semoga para pengelola lembaga pendidikan Islam khususnya lembaga pondok pesantren diberikan kemudahan dalam menggarap berbagai aplikasi yang dipergunakan untuk pelayanan santri serta mendapatkan barakah dalam pelayanan kepada para siswa siswi pesantren kesetaraan yang dahulu bernapa PPS Wajar Dikdas, baik jenjang ula wustha maupun ulya.

Wilujeng dalu, selamat weekend, semoga semuanya dalam kondisi yang sehat wal afiat ditengah pandemi corona yang banyak diberitakan di televisi maupun media online serta media cetak. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

File Verval Data Peserta Didik Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)

loading...

Silakan berkomentar