Ketiwasan Tegese ing Tembung Boso Jowo

ketiwasan tegese
Share

Ketiwasan tegese ing tembung Boso Jowo yoiku ono musibah utowo ono kedaden kang ora becik agawe susah. Nah ini saya coba mengartikannya sendiri, karena mau mencari rujukan tidak segera nemu. Tentu jika sudah jelas artinya akan kami tambahkan keterangan yang lebih tepat arti ketiwasan dalam bahasa jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, jika anda orang jadul atau sudah tidak muda lagi. Mengalami sandiwara radio atau melihat tvri acara ketoprak, tentu sangat familiar dengan kata ketiwasan.

Penggunaan kata ini biasanya ada orang yang tiba-tiba datang dan dan membawa berita buruk. Entah musibah atau kejadian yang membuat repot, susah bagi yang mengalami atau berimbas pada yang mendapatkan berita.

Meskipun kata kata ini jarang pemakaiannya sehari-hari. Umumnya orang jawa tulen mafhum dan paham dengan maksud ketiwasan. Yang intinya adalah adanya musibah yang lumayan berat.

Ketiwasan Tegese berbeda dengan kata tiwas

Nah ini juga masih menurut saya pribadi berdasarkan pemakaian kata sehari hari yang menjadi bahasa Ibu saya.

Ada perbedaan makna antara tiwas dan ketiwasan.

Apabila ketiwasan berkaitan dengan berita buruk dan musibah. Sedangkan kata tiwas merupakan ungkapan kata penyesalan atau kejengkelan.

Artinya dalam bahasa Indonesia kurang lebih sudah capek capek.

Contoh kalimat memakai kata tiwas yaitu”

Tiwas di rewangi melek bengi jebule tamune ora sido teko.

Artinya, sudah capek-capek berusaha untuk berjaga malam, ternyata tamunya tidak jadi datang.

Jadi perbedaan kedua kata ini sangat jauh maknanya meskipun jika sekilas seakan-akan ketiwasan berasal dari akar kata tiwas.

Kemungkinan memang ketiwasan adalah kata asli, tidak mengambil dari akar kata tertentu.

Suatu saat akan saya tanyakan kepada rekan saya yang sarjana Bahasa Jawa Universitas Gadjah mada.

Nama beliau yaitu Dewi Astuti Nurlaila, pernah menjadi pemandu acara pada televisi lokal di Yogyakarta. Mudah mudahan bisa mendapatkan jawaban yang mencerahkan.

Kesimpulan

Tembung ketiwasan tegese ono musibah utowo berita ora kepenak kang abot. Arti kata ketiwasan mempunyai makna ada musbiah atau berita yang tidak mengenakkan yang berat.

Tegese tiwas yoiku ukoro anyel ati utowo sebel, kuciwo amargo prasongko kang kleru. Arti tiwas adalah ungkapan kecewa, sebal, hati kesal karena prasangka yang keliru terhadap keadaan.

Nah ini hanya analisa pribadi saja, kalau ada yang hendak menambahkan, tinggal anda menuliskan pada kolom komentar yang ada pada bagian blog ini.

Atau mungkin saja analisa saya ini banyak salah maupun jauh dari kata yang sebenarnya? Tentunya saya akan sangat berterima kasih jika anda luruskan. Mekaten tulisan dalu puniko, wilujeng sare, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *