Amanah Artinya adalah

amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya

Informasi tentang arti amanah atau disebut dengan pengertian mengacu kepada buku pelajaran Pendidikan Agama Islam disertai dengan penjelasan dan contohnya dalam kehidupan sehari hari termasuk dasar dalil naqli dari alquran surat dan ayat dan hadits nabi lengkap matan tulisan latin dan terjemah bahasa Indonesia (nanti menyusul).

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, kali ini postingan artikel yang dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan soal soal sebagaimana dibawah ini;

amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya

dengan hamper menyapu bersih setiap pertanyaan dari pengguna internet, sepertinya brainly termasuk situs yang menjadi favorit dikunjungi oleh murid murid sekolah dasar kelas 5 6 maupun smp kelas 7 atau orang tua yang memiliki anak dengan jenjang sebagaimana tersebut.

Langsung saja tanpa basa basi berikut informasinya.

Arti amanah

Arti amanah adalah Amanah artinya terpercaya (dapat di percaya). Amanah juga berarti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak. Amanah yang wajib ditunaikan oleh setiap orang adalah hak-hak Allah Swt., seperti salat,zakat, puasa, berbuat baik kepada sesama, dan yang lainnya.

Amanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan tanggung jawab.

Orang yang menjaga amanah biasanya disebut orang yang bertanggung jawab. Sedangkan Sebaliknya, orang yang tidak menjaga amanah disebut orang yang tidak bertanggung jawab.

amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya

secara gambling arti amanah adalah dapat dipercaya, penjelasannya adalah sebagai berikut;

amanah terbagi menjadi 3 yaitu;

  1. amanah kepada Allah SWT;
  2. amanah kepada sesame manusia; dan
  3. amanah terhadap diri sendiri.

Penjelasan.

Yang dimaksud dengan amanah kepada Allah SWT adalah Amanah terhadap Allah Swt. Amanah ini berupa ketaatan akan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Contoh : menjalankan sholat 5 waktu secara tertib dan puasa di bulan ramadhan serta menjauhi larangannya seperti minum minuman yang memabukkan.

Amanah terhadap sesama manusia. Amanah ini meli puti hak-hak antar sesama manusia.

Contohnya , ketika dititipi pesan atau barang, maka kita harus menyampaikan pesan atau barang dimaksud.

Amanah terhadap diri sendiri. Amanah ini dijalani dengan memelihara dan menggunakan segenap kemampuannya demi menjaga kelangsungan hidup, kesejahteraan, dan kebahagiaan diri.

Contoh menjaga diri dari narkoba atau berperilaku kebut kebutan tanpa mentaati peraturan lalu lintas yang dapat membahayakan diri sendiri bahkan orang lain.

Hikmah amanah

Dalam banyak tulisan, disebutkan bahwasanya berbuat amanah itu pada dasarnya dia melakukan perbuatan baik untuk dirinya sendiri.

Adapun dalam buku pelajaran Pendidikan Agama Islam, perilaku amanah setidaknya memiliki 3 hikmah yaitu sebagaimana dibawah ini;

  1. Dipercaya orang lain, ini merupakan modal yang sangat berharga dalammenjalin hubungan atau berinteraksi antara sesama manusia.
  2. Mendapatkan simpati dari semua pihak, baik kawan maupun lawan.
  3. Hidupnya akan sukses dan dimudahkan oleh Allah Swt.

Contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari hari

Berikut adalah beberapa contoh berperilaku amanah dalam kehidupan sehari hari bagi siapapun tidak hanya sebatas guru dan murid.

Berikut contoh-contohnya;

  • Menjaga titipan dan mengembalikan dalam keadaan semula;
  • Menjaga rahasia atau kerahasiaan sesuatu atau seseorang dengan cara tidak memberitahu atau menceritakan kepada yang lain;
  • Tidak menyalahgunakan jabatan, karena jabatan merupakan suatu amanah;
  • Memelihara semua nikmat pemberian Allah baik umur atau usia, kesehatan, harta benda, ilmu maupun yang lainnya.

Demikian informasi tentang amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya.

Dalil Amanah dalam alquran dan alhadits dalam tulisan arab latin dan terjemahnya

Berikut adalah beberapa dalil atau hujjah tentang amanah yang diambilkan dalam alquran nama surat beserta ayatnya dan juga dalil yang bersumber dari hadits nabi dengan predikat shahih dan sebagainya.

Hadits tentang amanah dan tanggungjawab

Dibawah ini hadits tentang amanah bagi seorang pemimpin yang diriwayatkan Umar bin Khattab.

Imam Nawawi. Terjemah Riyadhus Shalihin. Jakarta: Pustaka Amani hal 303-304 berikut bunyi haditsnya.

وعن بن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلّم قال: كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعيّتِهِ, والأميرُ راعٍ, والرّجُلُ راعٍ على أهلِ بيتِهِ, والمرأةُ رَاعِيَّةٌ على بيتِ زوجِها وَوَلَدِهِ, فكلّكم راعٍ وكلّكم مسئولٌ عنْ رَعِيَّتِهِ. (متفق عليه)

Dari Ibn Umar ra. Dari Nabi saw, beliau bersabda : “ Kalian adalah pemimpin dan kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinan kalian. Seorang penguasa adalah pemimpin, seorang suami adalah seorang pemimpin seluruh keluarganya, demikian pula seorang isteri adalah pemimpin atas rumah suami dan anaknya.Kalian adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungtawaban atas kepemimpinan kalian”.(HR. Bukhari dan Muslim)

Dalil alquran tentang amanah terhadap Allah SWT

Dapat dilihat dalam alquran surat al anfal ayat 27 sebagaimana dibawah ini dilengkapi dengan tulisan latin dan terjemahnya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Tulisan Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ lā takhụnullāha war-rasụla wa takhụnū amānātikum wa antum ta’lamụn

Terjemah Bahasa Indonesia: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.

Dalil Amanah Terhadap Sesama

Terdapat dalam alquran surat an nisa ayat 58. Berikut ayat dimaksud;

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا

Tulisan Latin : Innallāha yamurukum an tuaddul-amānāti ilā ahlihā wa iżā ḥakamtum bainan-nāsi an taḥkumụ bil-‘adl, innallāha ni’immā ya’iẓukum bih, innallāha kāna samī’am baṣīrā

Terjemah dalam Bahasa Indonesia : Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Dalil amanah terhadap diri sendiri dalam alquran

Terdapat dalam alquran surat al mu’minun ayat 8

وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ

Tulisan latin : Wallażīna hum li`amānātihim wa ‘ahdihim rā’ụn

Terjemah Bahasa Indonesia : Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar