Kejujuran dalam Islam Hikmah Manfaat perilaku Jujur beserta hadits

kejujuran dalam Islam

Informasi tentang kejujuran dalam islam dilengkapi dengan hikmah atau manfaat dari perilaku jujur disertai dengan dalil hadits nabi lengkap harakat dan syakal beserta arti terjemah dalam bahasa Indonesia.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Selamat siang dan persiapan melakasanakan shalat jumat bagi kaum muslimin di Indonesia.

Sering kita mendengar orang biasa ataupun kalangan pejabat di Negara ini yang menuturkan kalimat jujar jujur dan kata kata semisal seperti itu.

Untuk itu mari kita mengulas kejujuran dalam islam.

Pengertian jujur

Secara pengertian, jujur adalah Jujur adalah kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya.

Apa yang diucapkan memang itulah yang sesungguhnya dan apa yang diperbuat itulah yang sebenarnya

Apabila seseorang katakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan, itulah yang dinamakan bohong. Dusta atau bohong merupakan lawan kata jujur.

Jujur dalam alquran surat dan ayat serta Hadits Nabi tentang kejujuran

Berikut adalah dalil naqli bersumber dari hadits nabi berkenaan dengan perilaku jujur.

Dalam hadits nabi yang diriwayatkan Abdullah Ibnu Mas’ud riwayat dari Imam Muslim

عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنٍ مَسْعُوْدٍ عَنٍ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابً

Hendaklah kamu semua bersikap jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan membawa ke sorga. Seseorang yang selalu jujur dan mencari kejujuran akan ditulis oleh Allah sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah sifat bohong, karena kebohongan membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa ke neraka.Orang yang selalu berbohong dan mencari-cari kebohongan akan ditulis oleh Allah sebagai pembohong” (HR. Muslim).

Sedangkan ayat alquran beserta nama surat mengenai kejujuran bisa dilihat dalam al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 42 sebagaimana dibawah ini;

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Tulisan latin : Wa lā talbisul-ḥaqqa bil-bāṭili wa taktumul-ḥaqqa wa antum ta’lamụn

Terjemah Bahasa Indonesia: Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.

dalam Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta’dzhim al-Qur’an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur’an Universitas Islam Madinah وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ (Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil) Allah melarang mereka untuk mencampuradukkan kebenaran yang ada dalam agama-Nya dengan kebathilan dari mereka, agar dapat memperkeruh pemahaman (tentang agama) dan merusak agama.

Hikmah Kejujuran dan Manfaat

Setidaknya ada 3 hikmah atau manfaat dalam hal kejujuran berperilaku jujur.

Berikut ketiga hikmahnya dalam hal kejujuran.

Hikmah atau manfaat dari perilaku jujur adalah ;

  • mendapatkan kepercayaan dari orang lain;
  • mendapatkan banyak teman; dan
  • mendapatkan ketentraman hidup karena tidak memiliki kesalahan terhadap orang lain.

Demikian informasi tentang kejujuran dan perilaku jujur dilengkapi dengan dalil naqli dari al quran maupun hadits dan informasi manfaat dan hikmah untuk kejujuran dalam Islam.

Sugeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar