Pengertian Istiqamah

By | 24/01/2020
pengertian istiqomah

Informasi tentang arti pengertian istiqamah dan hikmah serta perilaku beristiqamah dalam kehidupan sehari hari dilengkapi dengan landasan dalil naqli dalam alquran surat beserta ayatnya.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, lanjutan tulisan serial tentang perilaku yang baik untuk muslim khususnya dan manusia pada umumnya, mengenai istiqamah dalam Islam dan perbuatan perilaku sehari hari serta contohnya.

Pengertian istiqamah

Istiqamah artinya adalah Istiqamah berarti tegak, lurus, tekun, dan ulet.

Sedangkan pengertian istiqamah secara lebih luas adalah adalah sikap teguh dalam melakukan suatu kebaikan, membela dan mempertahankan keimanan dan keislaman, walaupun menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan.

Istiqamah dapat terjadi atau terwujud dengankeberadaan keyakinan akan kebenaran dan siap menanggung risiko. Dalam buku pendidikan agama Islam kelas 7 untuk SLTP, sifat ini wajib dimiliki oleh semua orang muslim baik laki atau perempuan, termasuk bagi siswa yang masih dalam pendidikan sekolah formal.

Perilaku Istiqamah dapat membantu pembentukan sikap serta perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam.

Dalil tentang istiqamah

Untuk contoh dalil tentang istiqamah salah satunya dapat dilihat dalam alquran surat al ahqaf ayat 13 sebagaimana dibawah ini lengkap dengan tulisan latin dan terjemah dalam bahasa Indonesia.

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Tulisan Latin : Innallażīna qālụ rabbunallāhu ṡummastaqāmụ fa lā khaufun ‘alaihim wa lā hum yaḥzanụn

Terjemah dalam Bahasa Indonesia : Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.

dalam Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi 13. Maksudnya, sesungguhnya orang-orang yang mengakui Rabb mereka dan bersaksi akan keesaanNya, melaksanakan ketaatan secara kontinu dan “tetap istiqamah,” selama mereka hidup, “maka tidak ada kekhawatiran,” terhadap segala sesuatu yang ada di hadapan mereka, “dan mereka (tiada) pula berduka cita,” atas segala sesuatu yang telah mereka tinggikan setelahnya.

Hikmah Istiqamah

Setidaknya ada 3 hikmah yang dapat dipetik dari perilaku beristiqamah. Adapun ketiga hikmah ini adalah;

  1. Orang yang istiqamah akan dijauhkan oleh Allah Swt. dari rasa takut,sedih sehingga dapat mengatasi rasa sedih yang menimpanya, tidak larut dalam kesedihan, dan tidak takut gentar khawatir dalam menghadapi kehidupan masa yang akan datang.
  2. Orang yang istiqamah akan mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan di dunia karena ia tekun dan ulet.
  3. Orang yang istiqmah dan selalu sabar serta mendirikan sholat akan selalu dilindungi Allah SWT.

Itulah setidaknya tiga hikmah dari perilaku istiqamah dan mendirikan shalat.

Contoh Istiqamah dalam kehidupan sehari hari.

Akan kami sampaikan 5 contoh perilaku istiqamah dalam kehidupan sehari hari, silakan disimak contohnya sebagaimana dibawah ini;

  1. selalu menjalankan perintah Allah Swt.dan menjauhi larangan-Nya dalam kondisi apapun dan dimanapun berada;
  2. melaksanakan sholat tepat waktu secara rutin;
  3. belajar terus-menerus hingga paham dengan pelajaran yang dipelajari;
  4. selalu menaati peraturan, baik yangada di rumah, sekolah, maupun masyarakat selama tidak dalam bermaksiat kepada Allah;
  5. selalu menjalankan kewajibannya dengan rasa senang dan nyaman, tidak merasa dipaksa atau dibebani.

Itulah kelima contoh perilaku istiqamah dalam kehidupan sehari hari yang dapat dijadikan jawaban jika menemukan soal, berilah contoh perilaku istiqomah di kehidupan keseharianmu.

Demikian kami sampaikan ringkasan tentang pengertian istiqamah disertai dengan contohnya dalam kehidupan sehari hari dan juga dalilnya dalam alquran lengkap dengan nama surat dan ayatnya termasuk arti dan cara penulisan secara latin.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar