SK Dirjen Pendis 2351 Tahun 2012 TENTANG PEDOMAN KELOMPOK KERJA KEPALA MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH

Kelompok-Kerja-Kepala-Madrasah-Diniyah-Takmiliyah-MKKMDT

Download surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang pedoman kelompok kerja madrasah diniyah takmiliyah format PDF menjadi acuan dalam gerak dan kegiatan para pemimpin pengelola madin/MDT.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. satu lagi juknis atau pedoman bagi lembaga madin khususnya ditujukan untuk MK2MDT yang sangat bermanfaat jika dilaksanakan dengan maksimal tapi hanya akan menjadi dokumen yang berdebu jika hanya sekedar menjadi pemanis administrasi tanpa ada tindakan kongkrit dalam pengejawantahannya.

Perlunya penetapan atau keputusan dirjen ini rangka meningkatkan mutu keagamaan Islam pada madrasah Diniyah Takmiliyah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan untuk mendorong terwujudnya kerjasama antara pengelola maupun Pemerintah.

Beberapa undang undang dan aturan yang menjadi pengingat dalam sk dirjen ini yaitu;

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ( Lembaran Negara republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4307;

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 44961;

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 124, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4769);

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157)

Itulah beberapa undang undang dan peraturan pemerintah yang menjadi pengingat dalam pedoman ini, lebih lengkapnya apa saja yang menjadi landasan terluncurkan pedoman ini anda dapat melihatnya dalam SK Dirjen secara lengkap sebagaimana file yang kami unggah.

Pedoman Kelompok Kerja Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah ini merupakan pedoman bagi pembentukan organisasi profesi yang menghimpun kepala-kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah yang bertujuan untuk membangun kerjasama dalam mewujudkan pengelolaan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang baik dan bermutu.

Kata Pendahuluan dalam Pedoman

ustadzah madrasah diniyah
ilustrasi Kepala Madin

Berikut petikan tentang pendahuluan dalam SK Dirjen ini.

Untuk mencapai pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang baik, menarik, prediktif dan antisipatif tersebut diperlukan wawasan pengelolanya, pengalaman kinerja, dan kerjasama dari semua unsur. Oleh karena itu, diperlukan panduan Musyawarah Kerja Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah (MK2MDT).

Panduan tersebut akan melengkapi panduan-panduan sebelumnya yaitu panduan Kelompok Kerja Madrasah Diniyah Takmiliyah dan panduan pennyelenggaraan Diniyah Takmiliyah.

Kalau panduan kelompok kerja Diniyah Takmiliyah difokuskan pada lembaganya, maka panduan Musyawarah Kerja Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah (MK2MDT) ini akan diarahkan bagaimana membangun ikatan yang dibangun dari, oleh dan untuk kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam kerangka meningkatkan wawasan, kompetensi dan jaringan kerja Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Itulah (menurut saya) inti dari latar belakang yang terdapat dalam pendahuluan yang memakan 2 halaman dalam juknis atau pedoman.

TUJUAN PENYUSUNAN Pedoman Musyawarah Kerja Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah (MK2MDT)

Pedoman ini dibuat bertujuan untuk menjadi acuan pembentukan dan pengelolaan Musyawarah Kerja Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah (MK2MDT) pada tingkat kecamatan dan kabupaten/kota, provinsi hingga nasional yang berguna untuk mendukung, memajukan dan meningkatkan wawasan, kompetensi dan jaringan kerja Kepala Diniyah Takmiliyah.

Hasil yang diharapkan dari keberadaan pedoman

HASIL YANG DIHARAPKAN Hasil yang diharapkan dengan adanya pedoman ini adalah:

  1. Terbentuknya MK2MDT dan semakin banyak organisasi
  2. Meningkatnya peran MK2MDT yang sudah berdiri dalam
  3. Terkoordinasinya tersebut berdiri di berbagai daerah. mendukung pemajuan Madrasah Diniyah Takmiliyah.MK2MDT dengan organisasi- organisasi profesi yang terkait dengan pengembangan pendidikan diniyah, Kementerian Agama, pemerintah daerah, lembaga terkait, organisasi sosial keagamaan, dunia usaha, dan industri.

Download Juknis Pedoman MK2MDT

Berikut adalah file pedoman PEDOMAN KELOMPOK KERJA KEPALA MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
Yang didalamnya juga tercantum surat keputusan direktur jenderal pendidikan Islam nomor 2351 Tahun 2012.

Jika hendak melihat lihatnya terlebih dahulu atau tampilan awal pra pengunduhan (review) maka anda dapat membaca dan melihatnya tanpa harus mengunduh terlebih dahulu, silakan dipandangi tampilan dibawah ini.

Ingin memiliki dan menyimpan dalam laptop komputer anda? Gampang, tinggal anda tekan saja gambar tampilan diatas maka anda akan diarahkan ke google drive dan kemudian dengan mudahnya anda dapat mengunduh file ini.

Jika ada masalah dengan metode pengunduhan diatas, anda dapat mengikuti tautan unduhan atau download dibawah ini.

Unduh pedoman MK2MDT Madin

Harapan saya pribadi sebagai pengamat dan menikmat kondisi madrasah diniyah takmiliyah pada tingkat lokal, semoga keberadaan petunjuk ini dapat diejawantahkan atau dipraktekkan dengan segera dan maksimal oleh kepala madrasah pucuk pimpinan madin dengan baik.

Semoga tidak seperti pepatah jauh panggang dari api, tapi semisal mahfudlat arab “ man jadda wajada”

Sugeng nopo kemawon, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar