soultan cirebon

Persamaan dan Perbedaan Sujud Tilawah dengan Sujud Syukur

Persamaan dan Perbedaan Sujud Tilawah dengan Sujud Syukur

Informasi apa saja yang menjadi kesamaan antara sujud tilawah dengan sujud sukur mengacu kepada buku pelajaran MTs Kelas 8

Pontren.com – Assalamu’alaikum para pemirsa dunia maya maupun layar hape dimanapun anda sedang berada, sugeng siang dan selamat menunggu waktu dhuhur, kali ini bicara tentang sujud syukur dan sujud tilawah ditinjau dalam persamaan dan perbedaan.

berikut kami sampaikan poin – poin mengenai perbedaan maupun persamaan dari dua buah sujud yaitu sujud syukur dengan sujud tilawah.

Ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus. Dibawah ini keterangan yang dapat dihimpun

Persamaan sujud tilawah dengan sujud Syukur

Adapun persamaan sujud syukur dan sujud tilawah adalah:

  1. Baik sujud tilawah maupun sujud syukur hanya dilakukan sekali sujud saja.
  2. Sujud tilawah dan sujud syukur dapat atau boleh dilaksanakan pada waktu-waktu dilarang shalat
  3. Hukum dari kedua sujud ini (sujud tilawah maupun sujud syukur) adalah sunnah
  4. Pada sujud tilawah dan sujud syukur boleh tidak berwudhu terlebih dahulu, selama badan, tempat dan pakaian bersih
  5. Sama- sama dianjurkan menghadap kiblat

Perbedaan sujud tilawah dengan sujud syukur

Adapun perbedaan dari kedua sujud ini (sujud tilawah dan sujud syukur) adalah sebagai berikut:

  1. Sujud tilawah dapat dikerjakan di pada waktu sedang mengerjakan shalat maupun di luar shalat, sedangkan pelaksanaan sujud syukur hanya boleh dikerjakan di luar shalat dan tidak boleh melaksanakan sujud syukur didikala sedang mendirikan shalat.
  2. Pelaksanaan Sujud tilawah karena mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah, sedangkan sujud syukur dilakukan karena adanya sebab mendapat nikmat dari Allah Swt atau karena terhindar dari bahaya yang mengancam dirinya.

Keterangan tambahan tentang sujud tilawah

Tilawah berarti bacaan. Sedangkan menurut istilah sujud tilawah ialah sujud yang dikerjakan pada saat membaca atau mendengar ayat-ayat “sajdah” dalam al-Quran. Dan hukum sujud tilawah adalah sunnah, Namun apabila dalam shalat jama’ah makmum wajib mengikuti imam.

Syarat sujud tilawah adalah sebagai berikut: Suci dari hadats dan najis, menutup aurat, menghadap kiblat, setelah mendengar atau membaca ayat sajdah. Sedangkan rukun sujud tilawah sama dengan rukun sujud syukur,

keterangan tambahan tentang sujud syukur

Syukur secara bahasa adalah terimakasih
menurut istilah sujud syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai tanda terima kasih seorang hamba kepada Allah Swt. Adapun Dalil pensyariatannya terdapat dalam QS. Ibrahim : 7 dan QS. al-Baqarah :152

Sebab-sebab sujud syukur: mendapat nikmat dari Allah Swt, berita gembira, atau terhindar dari bahaya. Sedangkan rukun sujud syukur: niat, takbiratul ihram, sujud, duduk sesudah sujud, dan salam.

Hikmah pensyariatan sujud syukur diantaranya yaitu: menjadikan manusia selalu ingat kepada Allah Swt, terhindar dari sifat sombong, akan menambah nikmat Allah Swt, dan mendapatkan tempat khusus di dalam surga.

itulah yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu perbedaan dari sujud tilawah dan sujud syukur dan apa itu persamaannya.

semoga dapat membantu yang sedang mengerjakan tugas maupun ujian khususnya para murid madrasah yang berada di jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah kela 8.

Sugeng siang.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: