doa-lancar-bicara-didepan-umum

Doa lancar bicara didepan umum orang banyak

Informasi tentang doa kelancaran bicara didepan orang banyak atau umum berlandaskan pada doa nabi Musa alaihissalam dalam tulisan arab dan latin beserta artinya.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. biasanya orang yang menginjak remaja atau sudah dewasa pada waktunya akan berbicara didepan umum atau orang banyak, suka tidak suka maupun dengan terpaksa, moment sambutan tuan rumah rapat RT misalnya.

Atau juga para remaja mendapatkan jadwal kultum ramadhan atau kegiatan karang taruna saat ditunjuk sebagai pembawa acara, atau tuan rumah yang ketempatan lokasi rapat, masih banyak lagi semisal ketiban sampur menjadi khotib khutbah jumat.

Serba serbi bicara didepan orang banyak, ternyata walau dipandang sepele, “hanya bicara” merupakan hal yang horor menakutkan bagi sebagian orang.

Contohnya tetangga saya lebih suka disuruh angkat 5 semen dengan berat 50 Kg perbiji daripada diminta sebagai penceramah khotib jumat, atau ada kasus dimana seorang yang heboh lancar membuat orang tertawa dan menyimak omongannya disaat situasi nonformal tapi jadi lenyap suaranya dan ndredheg (menggigil takut) jika bicara dalam forum resmi.

Usaha supaya lancar bicara didepan umum

microphone-masjid

Salah satu usaha lahiriah dalam kelancaran menjadi pembicara didepan orang banyak adalah dengan berlatih, mengulang ulang apa yang dibicarakan, ada yang menyarankan di depan kaca atau dikamar mandi, terserah dimana saja kenyamanan didapatkan.

Dan akan lebih bagus jika saat latihan telah membuat garis besar apa saja yang akan disampaikan, semisal sambutan tuan rumah rapat RT yaitu ucapan selamat datang kepada para warga dan terima kasih atas kehadirannya, mohon maaf jika ada kurang dalam penyambutan baik dalam hal hidangan ataupun tempat yang disediakan.

Itulah usaha secara lahiriah dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pembicara yang didengarkan oleh orang banyak dalam suasana semi resmi semisal dalam rapat atau menjadi khotib dalam kuliah tujuh menit di saat bulan ramadhan.

Seperti semboyan toyota, practices make perfect.

Doa lancar berbicara di depan orang banyak atau umum

doa-lancar-bicara
doa kelancaran berbicara didepan khalayak ramai

Selain usaha secara lahiriah, ada faktor X dimana memohon kepada Allah untuk diberikan kelancaran kemudahan dan kebenaran dalam menjadi pembicara didepan orang banyak, adapun doa yang banyak dijadikan contoh supaya lancar berbicara yaitu doa nabi Musa ‘alaihissalam.

Berikut doa yang termuat dalam alquran Qur’an Surat thaha ayat 25-28 dimaksud dalam tulisan huruf hijaiyah arab disertai dengan tulisan latin dan terjemah untuk memudahkan membaca, memahami artinya.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Tulisan latin doa mohon kelancaran bicara didepan orang banyak

Rabbisyrahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatan min lisaanii yafqahuu qaulii.

Artinya : Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku. dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku. supaya mereka mengerti perkataanku.

jadi ingat apa yang dikatakan paman tentang sesuatu itu bisa digapai dengan bergerak atau melakukan sesuatu, mestinya bagi calon khatib atau pembicara suatu kegiatan yang ingin sukses mestinya bergerak dalam 2 hal yaitu;

berdoa, maksudnya benar benar melakukan doa bukan hanya menjadikan gambar doa sebagai DP atau postingan di facebook

kedua, belajar dan praktek latihan secara serius sebelum tampil manggung sebagai pembicara didepan khalayak ramai.

Demikian informasi tentang doa mohon kelancaran berbicara didepan orang banyak atau umum. Selamat menjadi pembicara didepan khalayak ramai. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar