ketentuan-lomba-hafalan-surat-pendek

Peraturan Ketentuan Lomba Hafalan Surat Pendek

Informasi tentang syarat ketentuan peraturan tata tertib lomba hafalan surat pendek yang dapat dipergunakan pada TK SD RA BA MI disertai dengan format kriteria penilaian lomba dan download contoh form blangko nilai format doc ms word microsoft office.

pontren.com – assalamu’alaikum penggiat kegiatan pendidikan Islam, utamanya panitia kegiatan lomba, entah guru TK RA BA SD MI ataupun TPA TPQ Madin bahkan Pondok Pesantren dimanapun anda sedang melakukan aktivitas.

Baca;
Kriteria penilaian lomba tartil
Contoh blangko lomba adzan Iqamah
Penilaian lomba baca puisi

Lomba menghafal atau tahfidz merupakan salah satu musabaqah yang termasuk sering bahkan dalam taraf kategori rutin pada kegiatan perlombaan yang berkaitan langsung dengan pendidikan agama Islam.

Bagi panitia tentunya diharuskan mempersiapkan segala sesuatu baik mulai dari blangko pendaftaran, nomor undian, panggung pembukaan, pesan mmt sebagai latar belakang atau background dan seabrek persiapan yang menguras tenaga pikiran serta membutuhkan dana yang asyik jumlahnya.

Karena hafalan surat pendek berbeda dengan tahfidz 30 juz, atau juz 30 maka perlakuan dalam pembatasan surat apa saja yang diperlombakan dapat diubah panitia sesuai dengan kesepakatan atau standar yang telah dijadikan pedoman.

Sehingga dalam contoh kali ini tentunya hanya bersifat sebagai parameter acuan dalam pembuatan peraturan dan ketentuan lomba hafalan surat pendek serta contoh acuan blangko format penilaian lomba.

juara porsadin (ilustrasi)
ilustrasi panitia lomba

Karena hanya bersifat contoh, maka tidak bersifat mengikat atau harus sama persis, dapat dilakukan modifikasi perubahan yang diperlukan ataupun lebih ekstrim tidak dipergunakan sama sekali, dan juga dapat dipakai persis tanpa ada perubahan, monggo kemawon silakan disesuaikan dengan kondisi.

Baiklah, langsung saja saat ini disampaikan mengenai kenentuan peraturan dan contoh blangko form format penilaian lomba hafalan surat pendek.

Ketentuan Peserta Lomba

Peserta lomba merupakan anak didik atau santri dari sekolahan
Usia peserta tidak lebih dari 9 tahun pada tanggal 31 Juni 2020

Peraturan Umum peserta

  1. Berpakaian rapih
  2. Berperilaku sopan
  3. Memakai nomor peserta
  4. Diskualifikasi (gugur) jika dipanggil 3 kali terturut-turut tidak datang.
    TATA TERTIB LOMBA tahfidz surat pendek

Peraturan Khusus dalam perlombaan

  1. Setiap peserta wajib mengucapkan salam.
  2. Setiap peserta wajib hafal surat pendek dari As-Syams sampai An-Nas.
  3. Setiap peserta membaca surat wajib Surat al-lail.
  4. Setiap peserta membaca surat pilihan yang ditentukan oleh panitia.
  5. Setiap peserta wajib melanjutkan surat pendek yang ditentukan oleh Juri.
  6. Setiap peserta diberikan waktu maksimal 5 menit.

Kategori penilaian dan batasan skor angka nilai

dewan-juri-(ilustrasi)
dewan juri (ilustrasi)

Berikut adalah kriteria yang dinilai dalam cabang lomba tahfidz surat pendek disertai dengan standar nilai dengan bobot yang berbeda pada masing masing kriteria.

ada 3 macam kriteria penilaian yang terdapat dalam contoh blangko ini yaitu tajwid, fashahah & adab serta tahfidz atau hafalan.

berikut bagan penilaian beserta standar nilai perkombaan;

Kriteri PenilaianNilai MinNilai Maks
Tajwid2040
Fashahah & adab1020
Tahfidz2040
Jumlah Nilai50100

Metode perlombaan

Perlombaan dapat dilakukan dengan cara peserta diminta menghafal surat yang ada dalam undian kemudian dilanjutkan dengan metode test hafalan sebagaimana cara dibawah ini;

  1. menyambung cepat : peserta lomba menyambung satu ayat berikutnya dari soal yang dibacakan oleh juri yang terdiri dari lima soal.
  2. Menyambung ayat :peserta lomba menyambung ayat berikutnya lebih dari satu ayat
  3. Menyambung surat : peserta lomba melanjutkan bacaan ayat pertama dari sebuah surat yang telah dibacakan oleh dewan hakim
  4. Tebak nama dan ayat surat : peserta lomba menebak nama sebuah surat dari ayat yang dibacakan oleh dewan hakin.
  5. Setiap peserta mendapatkan 10 ( sepuluh) soal.

Download Format Penilaian Lomba Hafalah Surat Pendek

format-kriteria-penilaian-lomba-hafalan-surat-pendek

Dibawah ini merupakan link tautan untuk unduh download file blangko form lomba hafalan surat pendek dalam format doc berbentuk ms word sehingga mempermudah panitia melakukan editing perubahan blangko yang diperlukan.

menggunakan kertas F4 yang berukuran 21,5 cm X 33 cm dengan margin kiri kanan atas bawah masing masing 2 cm. disampaikan info ini bertujuan jika terjadi perubahan size pada waktu proses pengunduhan file. silakan anda download melalui tautan link dibawah ini

form nilai lomba tahfidz surat pendek

Itulah informasi mengenai cabang perlombaan dalam bidang menghafal surat pendek yang dapat dijadikan acuan bagi panitia lomba dalam pelaksanaan kegiatan untuk para anak didik siswa siswi santri putra putri atau santriwan santriwati pada sekolah TK SD madrasah maupun lembaga pendidikan Islam semisal TKQ TPQ Madrasah Diniyah.

loading...

Silakan berkomentar