sebutan madrasah diniyah takmiliyah

Sebutan untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah dari Masyarakat yang bermacam macam

Informasi tentang sebutan untuk lembaga pendidikan Islam nonformal Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam berbagai nama yang dikenal pada masyarakat maupun di kalangan pengelola lembaga ini serta dalam penamaan secara organisasi dan sebutan dalam keputusan Direktur Jenderal.

Pontren.com – Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi  wa barakatuh, selamat sore jamaah blog reader dimanapun anda berada, semoga semakin jaya dalam ekonomi maupun cinta keberkahan secara lahiriah dan batiniyah. Singkatnya sehat secara jiwa dan raga.

loading...

Selain Taman Pendidikan Al Qur’an yang biasa disingkat TPQ, akan tetapi pada masyarakat awam dan anak anak disebut dengan TPA (saya pribadi kurang sreg dengan penyebutan TPA karena memiliki kepanjangan lain Tempat Pembuangan Akhir yang artinya tau sendirilah), ada juga lembaga yang lumayan eksis pada masyarakat.

Lembaga ini memiliki nama Madrasah Diniyah Takmiliyah yang mengacu kepada Peraturan Menteri Agama nomor 13 tahun 2014 .

Karena nama lembaga pendidikan Islam nonformal ini relatif panjang dan memiliki 3 suku kata, termasuk belibet atau tidak praktis dalam penggunaan secara lisan ataupun kedalam bahasa tulisan.

Berlombanya kalangan memberikan nama praktis ini memunculkan keanekaragaman penamaan atau penyebutan bagi satu buah lembaga yaitu madrasah diniyah takmiliyah, apa saja sebutan yang familiar untuk lembaga ini? Berikut daftarnya.

Sekolah Arab / Sekolah Sore / Sekolah Diniyah

Sekolah Arab / Sekolah Sore / Sekolah Diniyah

Lulusan sekolah sore

Teman saya yang berprofesi bidan di wilayah Kudus menyampaikan bahwa sang anak buah hati sedang sekolah arab di waktu sore hari.

Pada daerah tertentu utamanya wilayah yang memiliki budaya belajar pendidikan islam telah memiliki penamaan lembaga yang mengajarkan tambahan pelajaran agama ini diluar jam sekolah.

Dinamakan sekolah arab karena materi banyak yang memakai tulisan arab bahkan adapula yang diajarkan pembelajaran kitab dan bahasa arab secara intens.

Sama juga sekolah sore, meskipun merujuk kepada waktu yang bersifat umum, sekolah sore ini identik dengan pembelajaran pendidikan Islam, adakalanya juga dipanggil dengan sekolah diniyah.

Nasib Sekolah Sore di Jawa Tengah untuk Jenjang SMA bisa dikatakan tertumpas habis. Tertumpasnya sekolah arab bagi anak setingkat SMA ini karena pemberlakuan 5 hari sekolah yang membuat lembaga Sekolah Sore tidak mendapatkan waktu di sore hari. Singkatnya wis tingkes.

Untuk Jenjang sekolah SD hal musnahnya sekolah diniyah sore juga dapat terasa di Kota Semarang maupun kabupaten Kota yang menyelenggarakan pendidikan umum sampai sore hari.

Selamat jalan sekolah sore. Setidaknya ada kenangan cerita orang tua bagaimana pendidikan agama di waktu sore hari yang saat ini sudah banyak musnah karena peran yang berkuasa.

Madin

Nama ini yang jamak dipergunakan oleh masyarakat awam bahkan pengelola lembaga. Madin merupakan singkatan dari madrasah diniyah. Jika ada orang yang menyebut nama madin maka yang dimaksudkan adalah lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Jika mengacu kepada ilmu bahasa Arab, kata kata madin ini adalah kata luas yang berarti sempit.

Maksudnya gimana?

Sebenarnya diksi atau kata madin (Madrasah Diniyah) adalah kata kata umum yang mencakup semua pendidikan Islam baik itu pesantren, TPQ, dan juga Madrasah Diniyah Takmiliyah, menjalar Juga Madrasah Umum seperti MI MTs MA.

Kemudian dari Madrasah Diniyah ini dibagi menjadi 3 macam pendidikan yaitu;

Madrasah Diniyah formal, seperti MI MTs MA.

Madin nonformal, semisal TPQ, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Majelis Taklim

Madin informal, seperti Pembelajaran semaan alquran oleh orang tua terhadap anaknya dirumah

Kalau melihat hal diatas, saya sendiri koq menjadi kurang sreg menyebut madrasah Diniyah Takmiliyah dengan madin, karena jika dalam karya ilmiah, madin merupakan sebutan tersendiri diluar Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Singkatan MDT DT MDTA MDTW MDTU

Singkatan MDT DT MDTA MDTW MDTU

San

Penyebutan lembaga ini dengan menyingkat kata dalam lembaga Madrasah Diniyah ini. Berikut yang biasa disingkat dan dijadikan sebutan untuk madrasah diniyah takmiliyah.

MDT = Madrasah Diniyah Takmiliyah

DT = Diniyah Takmiliyah

MDTA = Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah

DTA = Diniyah Takmiliyah Awaliyah

Dan seterusnya sampai wustha ulya maupun aljamiah

Ada beberapa singkatan yang menghilangkan huruf M (Madrasah) mengacu kepada lembaga yang menaungi Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Apakah lembaga yang dimaksud? Yaitu FKDT, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah, anda tidak akan menemukan kata Madrasah pada Kepanjangan dari FKDT yang menjadi forum dari lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah.

PMDT

Nah ini merupakan suara baru ditelinga saya. Terlacaknya sebutan Madrasah Diniyah Takmiliyah ini dengan keberadaan juknis penerbitan Ijazah dari lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Apa kepanjangan dari PMDT? Yaitu Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Entah kenapa saya lebih menyukai sebutan PMDT ini jika mengacu kepada administrasi.

Penyebutannya pun juga luwes jika disambung dengan jenjang yang diselenggarakan, misalnya;

PMDT Awaliyah

PMDT Wustha

PMDT Ulya

PMDT Al Jamiah

Sayangnya dari waktu kewaktu kerancuan penyebutan lembaga ini tidak ada titik temu secara adat yang menurut saya menjadikan promosi lembaga PMDT ini tidak maksimal, orang perlu dijelaskan terlebih dahulu apa itu Madrasah Diniyah Takmiliyah karena adanya perbedaan istilah penyebutan.

Kalau ditempat anda disebut apa? Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: