Tulisan Bahasa Arab Kun Fayakun

Pontren.com – assalamu’alaikum gaeesss, kali ini kita akan menulis mengenai kun fayakun arti dan tulisan arab huruf hijaiyah beserta terletak pada ayat dan surat apa kalimat ini dalam alQur’an.

Juga dilampirkan beberapa tafsiran dari para mufassir terkenal sebagai pelengkap informasi mengenai bahasa arab Kun fayakun ini.

Baca;
Tulisan arab assalamualaikum
Tulisan arab inna lillahi wa inna ilaihi rojiun / istirja
Arti bismillahi majreha wa mursaha terletak dalam surat

Kun fayakun artinya

Secara harfiah, kun fayakun terdiri dari kata ;

Kun = jadilah
Fa = maka
Yakun = terjadilah

Jadi terjemah kalimat dari kun fayakun artinya adalah “Jadilah”, maka jadilah ia.

Tulisan Arab Kun Fayakun

Berikut dibawah ini merupakan cara penulisan kata kun fayakun dalam tulisan arab disertai lengkap dengan harakat syakal untuk memudahkan dalam membaca atau menulis pada tugas yang menjadi tugas rumah anak didik.

Berikut cara menulis dalam huruf arab kata kun fayakun

كُنْ فَيَكُونُ

Itulah cara menulis kata dalam huruf arab untaian kata kun fayakun yang telah lengkap dengan disertai dengan harakat dhommah sukun fathah kasrah dan yang melingkupi.

Kata kun fayakun dalam ayat dan surat alquran

Kata kata ini merupakan penggalan kalimat yang terdapat dalam surat al Baqarah Ayat 117 dan juga dalam surat yasin ayat 82. Adapun secara lengkap dan arti serta tulisan latin dari ayat dimaksud sebagaimana dibawah ini.

Al Baqarah ayat 117

بَدِيعُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَإِذَا قَضَىٰ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

Badī’us-samāwāti wal-arḍ, wa iżā qaḍā amran fa innamā yaqụlu lahụ kun fa yakụn

Artinya : Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia.

Surat Yasin ayat 82

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

innamā amruhū iżā arāda syai`an ay yaqụla lahụ kun fa yakụn

artinya : Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.

Tafsir Ibnu Katsier surat al Baqarah ayat 116 – 117

Dikutip dari ibnukatsironline bahwasanya ayat 116 merupakan bantahan untuk orang-orang nasrani dan orang-orang yang serupa mereka dari kalangan yahudi maupun musyrik Makkah.

Adapun bunyi lengkap surat al Baqarah ayat 116 adalah sebagai berikut;

وَقَالُوا اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا ۗ سُبْحَانَهُ ۖ بَلْ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ كُلٌّ لَهُ قَانِتُونَ

Wa qāluttakhażallāhu waladan sub-ḥānah, bal lahụ mā fis-samāwāti wal-arḍ, kullul lahụ qānitụn

Terjemah Arti: Mereka (orang-orang kafir) berkata: “Allah mempunyai anak”. Maha Suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya.

Dengan surat al Baqarah ayat 117 ini Allah Swt. menerangkan kesempurnaan kekuasaan¬Nya dan kebesaran pengaruh-Nya.

Dan bahwa apabila Dia menetap¬kan sesuatu, lalu Dia berkehendak akan mengadakannya, maka se¬sungguhnya Dia hanya mengatakan kepadanya, “Jadilah kamu!” Yak¬ni hanya sekali ucap.

Maka terjadilah sesuatu yang dikehendaki-Nya itu sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya, seperti yang disebutkan oleh firman-Nya yang lain, yaitu dalam surat yasin ayat 82 :

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

Artinya : Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.

sesungguhnya urusan Allah saat Dia menghendaki sesuatu adalah hanya dengan mengatakan, ”jadilah” maka iapun jadi, termasuk dalam hal ini mematikan, menghidupkan, membangkitkan dan mengumpulkan.

Demikian informasi tentang arti kun fayakun dan tulisan arab serta sedkit tafsir mengenai ayat-ayat yang didalamnya terdapat kalimat atau kata kun fayakun tadi.

Sugeng siang, sugeng istirahat siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

loading...