Percakapan Bahasa Arab Tanya Kabar

percakapan bahasa arab tanya kabar

Contoh tentang percakapan bahasa arab bertanya tentang kabar disertai tulisan latin dan terjemah bahasa Indonesia dilengkapi harakat syakal guna memudahkan dalam penulisan dan cara baca bagi anak didik Sekolah Dasar Islam (SDIT) maupun madrasah Ibtidaiyah kalau perlu cocok bagi siswa MTs.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang, selamat pagi, sobahul khair para orang tua dengan putra putri yang sedang duduk di bangku pendidikan Dasar baik di SD maupun MI.

Salah satu pelajaran yang paling lazim pada sekolah berbasis pendidikan Islam adalah mapel Bahasa Arab, dan pastinya ada di pembelajaran murid Madrasah Ibtidaiyah.

Pelajaran bahasa arab ini biasanya diawali dengan perkenalan mufrodat ataupun kosakata bahasa arab hadza hadzihi ana anta anti, dan dalam muhadatsah atau pelajaran percakapan diawali dengan perkenalan diri menyebutkan nama, termasuk juga kalimat menyapa dalam bahasa arab menanyakan kabar.

Bagi yang sama sekali tidak memiliki ide apa itu bahasa arab bahkan belum lancar membaca huruf hijaiyah merupakan tantangan tersendiri jika menemani sang buah hati dalam belajar, ujung ujungnya membuka hape dan akses internet menuju mbah google dan mengetikkan tulisan apa yang menjadi kebutuhannya.

Kira kira kebanyakan seperti itulah situasi yang terjadi saat ini, maka apabila nilai anak anak bisa dikatakan mentereng saat ini (bagus bagus nilainya) saya rasa unsur browsing dapat dimasukkan dalam tim sukses memaksimalkan nilai sang anak.

Baiklah, kepanjangan juga prolog yang disampaikan. Tanpa basa basi, berikut adalah contoh percakapan dalam bahasa arab tanya kabar atau menanyakan kabar antara seorang anak laki laki dengan pria atau perempuan dengan wanita dilengkapi harakat syakal dan tulisan latin serta terjemah dalam bahasa Indonesia.

Contoh percakapan bahasa arab menanyakan kabar

apa kabar bahasa arab latin

Simpel saja tidak panjang dan berbelit belit, pastinya anda akan mudah mengetahui bagaimana percakapan dalama bahasa arab tentang bertanya kabar teman atau murid di sekolah, madrasah kendaraan umum dan lain sebagainya.

Contoh pertama yaitu menanyakan kabar yang dilakukan oleh 2 orang laki laki antara ahmad dengan

Dialog

شَرِيْف ׃ اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُم

Syarif : Assalaamu ‘alaikum

عُمَر ׃ وَعَلَيْكُمُ السَّلاَ م

Umar : Wa’alaikum salaam

شَرِيْف ׃ كَيْفَ حَالُكَ ؟

Syarif : Kayfa haaluka ?
Syarif : Bagaimana Kabarmu ?

عُمَر ׃ بِخَيْرٍ ٬ الْحَمْدُ لِلّه وَكَيْفَ حَالُكَ أَنْتَ ؟

Umar : Bikhair Alhamdulillah, wa kaifa haaluka anta?
Umar : Alhamdulillah baik-baik saja, dan bagaimana kabar anda?

شَرِيْف: بِخَيْرٍ, وَ الحَمْدُ لله

Syarif : bikhair, walhamdulillah.
Syarif : Alhamdulillah, saya baik.

Begitulah percakapan menanyakan kabar yang simpel dan sederhana antara dua anak laki laki, tentunya jika diadakan praktek nama dari dua orang diatas diganti dengan nama sebenarnya yang melakukan praktek.

Paling lazim setelah kalimat atau percakapan menanyakan kabar diatas dilanjutkan dengan pembicaraan yang lain semisal bertanya tentang hobi kegiatan disekolah dan lainnya.

Yang kedua yaitu contoh percakapan tanya kabar antara 2 orang anak perempuan, dicontohkan disini yang dilakukan antara khadijah dengan haulah

. خَوْلَة : السَّلامُ عَلَيْكُم

Khaulah : Asssalau’alaikum.

خَديجَة : وَ عَلَيْكُمُ السَّلام

Khadijah : Wa’alaikumussalam.

خَوْلَة : كَيْفَ حالُكِ ؟

Khaulah : kaifa haaluki?
Khaulah : Bagaimana kabarmu?

خَديجَة : بِخَيْرٍ ، وَالحَمْدُ للَّه. وَ كَيْفَ حالُكِ أَنْتِ ؟

Khadijah : alhamdulillah, wa kaifa haaluki anti?
Khadijah : Alhamdulillah baik. Dan bagaimana kabarmu?

. خَوْلَة : بِخَيْرٍ ، وَالحَمْدُ للَّه

Khaulah : bikhoir, walhamdulillah
Khaulah : Baik baik saja, alhamdulillah

Perbedaan menanyakan kabar anak perempuan dan laki laki.

Dalam tata bahasa arab, ada perbedaan dalam menanyakan kabar bagi laki laki dan perempuan, jika anda bertanya kepada seorang laki laki maka dipergunakan kata كَيْفَ حَالُكَ (kaifa haaluka), jika untuk bertanya kepada wanita atau perempuan maka menggunakan كَيْفَ حالُكِ (kaifa haaluki).

Begitulah informasi singkat tentang percakapan bahasa arab mengenai bertanya kabar, semoga menambah khazanah teknis dalam mendampingi ananda dalam belajar.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar