Setara Satuan pendidikan Muadalah dengan Pendidikan Umum

Setara Satuan pendidikan Muadalah dengan Pendidikan Umum

Setara Satuan pendidikan Muadalah dengan Pendidikan Umum atau formal pada lembaga pendidikan yang kita kenal di lingkungan sekitar kita.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, berikut ini adalah penjelasan tentang satuan pendidikan muadalah setara dengan lembaga pendidikan formal umum Kemendikbud atau maupun madrasah milik Kemenag.

Apa sih yang dimaksud dengan pendidikan Muadalah?

Untuk mengetahui apa itu satuan pendidikan Muadalah, anda dapat melihatnya dalam KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 3481 TAHUN 2021 TENTANG PETUNJUK TEKNIS IZIN PENDIRIAN SATUAN PENDIDIKAN MUADALAH.

Dalam SK Dirjen Pendis no 3481 tahun 2021 menjelaskan bahwa Pendidikan Muadalah adalah Pendidikan Pesantren yang diselenggarakan pada jalur pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang berbasis kitab kuning atau dirasah islamiah degan pola pendidikan muallimin sebagai bagian dari penyelenggaraan pendidikan nasional yang penyelenggaraannya diakui melalui Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Dari penjelasan ini kita mengetahui bahwasanya SPM (Satuan Pendidikan Muadalah) statusnya adalah pendidikan formal.

Adapun layanan pendidikannya yaitu jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sebagaimana kita mengetahuinya, jenjang pendidikan dasar yaitu setara atau setingkat SD, SMP, sedangkan menengah yaitu SMP dan juga SMA.

Satuan Pendidikan Muadalah terdiri atas:

a) satuan Pendidikan Muadalah salafiyah; dan
b) satuan Pendidikan Muadalah muallimin.

Satuan Pendidikan Muadalah salafiyah diselenggarakan oleh Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentukpengkajian Kitab Kuning.

Sedangkan Satuan Pendidikan Muadalah muallimin diselenggarakan oleh Pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk dirasah islamiah dengan pola pendidikan muallimin.

Jenjang Satuan pendidikan Muadalah Ula Wustha Ulya setara dengan Pendidikan Umum ini

jenjang ula wustha ulya sama dengan

Bagaimana kesetaraan jenjang atau tingkat pendidikan dengan lembaga umum atau madrasah?

Jenjang pendidikan pada SPM (Satuan Pendidikan Muadalah) ada 3 yaitu ula, wustha, dan ulya.

Bagaimana kesetaraannya dengan pendidikan formal?

  • Jenjang Ula Muadalah setara dengan pendidikan dasar tingkat SD, MI, Pendidikan Diniyah Formal Ula, PKPPS Ula, Paket A.
  • Jenjang Wustha Muadalah setara dengan pendidikan sekolah SMP, MTs, Pendidikan Diniyah Formal Wustha, PKPPS Wustha, Paket B.
  • Dan Jenjang Ulya Muadalah setara dengan pendidikan sekolah SMA, MA (Madrasah Aliyah), Pendidikan Diniyah Formal Ulya, PKPPS Ulya, Paket C.

Seperti itulah setaranya pendidikan Muadalah, jadi bergantung jenjangnya, apakah dia tingkat kelas ula, wustha ataupun ulya. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*