Pepindhan Sing Tegese Ora Bisa Rukun

Pepindhan Sing Tegese Ora Bisa Rukun

Pepindhan sing tegese ora bisa rukun diibaratake kaya banyu karo lenga, kaya asu karo kucing. Artinya adalah pemisalan dalam Bahasa Jawa orang yang tidak bisa akur ibaratnya seperti air dengan minyak, bagaikan anjing dengan kucing. Berikut informasi keterangan beserta artinya dengan penjelasan seperlunya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu. Dalam Bahasa Jawa, tembung pepindhan yaiku unen-unen sing duwe teges emper-emperan utawa irib – iriban, diumpamake kanggo mbangetake, lumrahe nganggo tembung lir, pindha, kadya, kaya, lan liya-liyane.

Yaitu suatu frasa Bahasa Jawa yang mengandung arti mimisalkan untuk menyangatkan, lazimnya memakai kata lir, pindha, kadya, kaya (yang artinya seperti, bagaikan) dan lain sebagainya.

Jadi dalam pepindhan ini memberikan gambaran metafora tentang hubungan seseorang yang tidak bisa akur bersatu. Bisa karena watak, dendam pribadi, riwayat sejarah masa lalu, persaingan dan lain sebagainya.

Contoh ungkapan pepindhan ora bisa rukun misalnya adalah sebagai berikut ini;

Hasan lan adhine kuwi ora bisa rukun yaiku kaya asu karo kucing utawa kaya banyu karo lenga.

Pepindhan Sing Tegese Ora Bisa Rukun diibaratake kaya Banyu karo Lenga, Kaya Kucing Karo Asu

Tuladha Tembung Pepindhan sing Tegese Ora bisa rukun

Berikut ini ada dua contoh pepindhan, ungkapan metafora pemisalan yang menggambarkan tidak akur atau rukunnya seseorang atau kelompok.

Dulur sawadhah wae ora rukun, kaya banyu karo lenga. ukara iku kalebu pepindhan.

Artinya adalah : saudara satu tempat (sekandung) saja tidak bisa akur, bagaikan air dengan minyak.

Contoh lainnya misalnya sebagai berikut;

Bocah loro kuwi pasedulurane kaya banyu karo lengan, karo dulure ora bisa rukun. Ukara ing ndhuwur nggunakake tembung Pepindhan.

Artinya; Kedua anak itu persaudaraannya bagaikan air dengan minyak, dengan saudaranya tidak bisa akur. Ungkapan kalimat diatas menggunakan tembung pepindhan Basa Jawa.

Dalam ilmu fisika, kejadian tidak bisa bercampurnya air dengan minyak (banyu lan lenga) karena adanya perbedaan molekul keduanya.

Hal inilah meskipun ada dalam satu wadah, air dan minyak tidak bisa bercampur menjadi satu.

Contoh lainnya adalah pepindhan kadya asu karo kucing.

Ukara ing ngisor iki isenana nganggo tembung pepindhan!

Bocah loro kok tukaran terus , kaya asu karo kucing.

Artinya dua anak kok berkelahi selalu, bagaikan anjing dengan kucing.

Demikianlah informasi tentang Pepindhan Sing Tegese Ora Bisa Rukun lengkap dengan artinya dan contoh ukara tuladha. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top