Ayu Banget Kaya Dewi Ratih Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

ayu banget kaya dewi ratih
Share

Ayu Banget Kaya Dewi Ratih utawa Kamaratih Tegese pepindhan yaiku kenya utawa wanita kang banget ayune kadya utawa memper, kaya dewi Ratih yaiku Widodari paling ayu ana ing kahyangan garwane bathara Raden Kamajaya , Kalebu Tembung pepindhan, tuladha ukara contoh dalam kalimat.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng dalu selamat malam para pelajar pada Sekolah Dasar maupun SMP SMA serta murid di Madrasah baik MI MTs maupun SMA. Kali ini kita akan membahas tentang tembung pepindhan yang menggambarkan begitu cantiknya seseorang.

Apa sih tembung pepindhan itu?

Dalam pengertiannya yang disebut tembung pepindhan adalah ungkapan dalam Bahasa Jawa yang memiliki makna atau arti tidak seperti aslinya. Dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya dengan pengandaian atau andai-andai (bukan lumut ya).

Jadi tembung pepindhan ini menyamakan, mengandaikan, memisalkan, seperti dan kata lainnya yang merupakan ungkapan memberikan pemisalan yang diungkapkan.

Tegese Tembung Pepindhan Ayune Ayu Banget Kaya Dewi Ratih

Sebagaimana pada paragraf pertama, ungkapan ini adalah memisalkan kecantikan seseorang yang begitu sangat memukau sehingga menyamakan atau memiripkan cakepnya seseorang dengan bidadari paling cantik yang ada di kahyangan dalam cerita pewayangan.

Yang menjadi pengandaian atau pemisalannya yaitu seperti Dewi Ratih atau Dewi Kamaratih.

Dalam cerita pewayangan, Dewi Kamaratih atau Dewi Ratih merupakan simbol kecantikan. Bukan hanya ayu lahiriyahnya saja namun juga memiliki budi pekerti yang luhur.

Pasangan hidupnya adalah Bathara Kamajaya. Dalam kehidupan rumah tangga, keduanya adalah pasangan serasi.

Yang perempuan merupakan simbol kecantikan sedangkan suaminya adalah makhluk paling tampan yang ada dalam jagad dunia wayang baik di Kahyangan maupun di Bumi.

Keseimbangan kecantikan dan ketampanan ini dibarengi dengan biduk rumah tangga yang adem ayem, saling setia serta tidak ada pertengkaran diantara kedua tokoh wayang yang menjadi simbol keelokan ragawi serta budi pekerti ini.

Tuladha Ukara

Gawea tuladha ukara tembung pepindhan sing unine ayune kaya Dewi Ratih. Buatlah kalimat dalam Bahasa Jawa yang berupa pengandaian atau kata “seperti” menggunakan ungkapan cakepnya bagaikan Dewi Kamaratih.

Berikut contoh kalimatnya;

Putra putrine pak lurah ayu banget kadya Dewi Ratih. Artinya anak-anaknya bapak kepala desa sangat cantik seperti Dewi Ratih.

Putrine Pak Agus sik Jenenge Asti Setyorini ayune kaya Dewi Ratih. Artinya Anak perempuannya pak agus yang bernama Asti Setyorini cakepnya bagaikan Dewi Ratih.

Demikianlah arti ayune ayu banget kaya Dewi Ratih tegese Basa Jawa, kalebu tembung pepindhan lan tuladha ukara. Contoh kalimat tuladhane ukarane beserta artinya dalam Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal, wilujeng dalu dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuhu.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.