Satya Murca Ing Embanan Candrane Mangsa

satya murca ing embanan

Satya Murca ing embanan candrane mangsa kapisan utawa mangsa kasa (kartika), tegese witwitan padha brindhil, lekase wit-witan lekas brindhil. Artinya mulai pohon-pohon berguguran (brindil) daunnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, arti dari mangsa kasa atau mangsa kapisan secara harfiah atau artinya perkata adalah sebagai berikut;

Satya (sotya utawa sesotya) tegese yaiku inten kang wernane macem-macem. Ana uga kang menehi teges mutiara. Artinya adalah intan yang beraneka warna, ada juga yang memberi arti mutiara.

Murca tegese yaiku ilang, oncat. Artinya adalah loncat, hilang.

Embanan tegese yaiku blengkeraning ali-ali kang ditrapi mata (inten lan sakpiturute). Artinya embanan adalah lingkaran pada ali-ali bertempat mata perhiasan (intan, permata, dan lain sebagainya.

Jadi dalam mangsa kasa atau kapisan ini memiliki arti harfiah yaitu intan yang hilang dari tempatnya.

Merupakan gambaran sastra tentang wit-witan sing padha brindhil godhonge. Dedaunan sebagai representasi dari perhiasan intan yang gugur (murca = oncat, ilang) dari tempatnya yaitu batang ranting pepohonan.

Kapan dumadine? Mangsa kasa atau kapisan dumadine wiwit tanggal 22 Juni nganti 1 Agustus. Umure 41 dina (empat puluh satu hari).

Tundhane Mangsa Kasa Satya Murca Ing Embanan Candrane Mangsa

Apa wae tundhane mangsa kasa? Tundhane mangsa kasa yaiku kekaya pada brindil, gegodongan pada gogrog

Apa saja dampak atau akibat dari musim pertama dalam pranata mangsa Budaya Suku Jawa ini? Menyebabkan hewan-hewan peliharaan banyak rontok rambut atau bulunya dan daun-daun berguguran.

Dengan keadaan yang seperti ini menjadikan kondisi petani tidak begitu bagus dalam bercocok tanam maupun memelihara hewan.

Yaitu dengan kedatangan musim kemarau yang sedikit air membuat daun-daun berguguran, hewan ternak banyak rontok bulunya. Gambaran tentang jatuhnya dedaunan dari ranting dahan pohon seperti permata yang hilang dari tempatnya.

Karena tanaman dan hewan merupakan harta yang sangat berharga bagi para petani sehingga gambarannya seperti intan (satya, sotya atau sesotya).

Jadi dalam khazanah petai suku Jawa pranata mangsa sesotya murca ing embanan mujudake candrane mangsa kasa.

Apa tegese Panyandra Mangsa Kasa? Silakan anda jawab sesuai dengan judul artikel pada tulisan ini.

Demikianlah informasi tentang tembung panyandra mangsa kasa yaiku Satya Murca Ing Embanan lan tegese lekasane uwit padha gogrog godhonge. Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang selamat pagi dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *