Mliwis Baris Tegese, Tuladha Ukara Kalebu Jenise Tembung

Mliwis Baris Tegese, Tuladha Ukara Kalebu Jenise Tembung

Bocah bocah nganggo sragam putih disawang kaya mliwis baris, tegese yaiku banget putihe kang akeh artinya adalah anak anak memakai baju seragam berwarna putih seperti burung belibis yang berbaris.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore, kali ini kita akan membahas tentang kata dalam bahasa Jawa yang artinya menyerupakan untuk menyangatkan.

Dalam bahasa Jawa kita menyebutnya dengan tembung pepindhan. Jadi ungkapan kumpul putih padha putih kaya mliwis baris, kalebu jenise tembung pepindhan.

Yang artinya adalah warna putih berkumpul dengan warna putih seperti burung belibis yang berbaris.

Pentertian atau pangertene tembung pepindhan yaiku Unen-unen sing duwe teges emper-emperan utawa irib-iriban, diumpamakake kanggo mbangetake, lumrahe nganggo tembung lir, kadya, kaya, pindha, lsp.

Artinya ungkapan yang memiliki arti memiripkan, mengumpamakan serta menyangatkan (menjadikan sangat) lazimnya memakai kata seperti semisal dan lain sebagainya.

Pada contoh kalimat atau tuladha ukara pepindhan ini yang menjadi pemisalan adalah segerombolan burung belibis yang sedang terbang bersama sama.

Seperti kita ketahui lazimnya seragam sekolah Negeri menggunakan baju dengan warna dasar putih. Saking banyaknya yang berjalan, tampaklah rombongan warna putih berkumpul yang sangat banyak.

Untuk memisalkan begitu dominannya warna putih karena banyaknya yang memakai baju dengan rupa yang sama maka hewan belibis yang berbaris sebagai pemisalannya.

Putih kumpul padha putih kaya mliwis baris

Singkatnya dalam bahasa Jawa tegese mliwis yaiku bebek alas, kewan kalebu jenise unggas, pinter nglangi, awake kaya banyak, namung awake luwih cilik.

Belibis adalah bebek liar yang masuk dalam kategori jenis hewan unggas, pandai berenang, tubuhnya semisal angsa namun lebih kecil.

Menjadi pemisalan berkumpulnya hewan ini karena warnanya yang dominan putih, sehingga jika berkumpullah suatu kelompok yang dominan warna putihnya menjadi pepindhan atau pemisalannya.

Untuk warna lain dalam tembung pepindhan misalnya adalah;

Ireng kumpul padha ireng kaya gagak reraton tegese yaiku ireng banget, poool irenge. Hitam berkumpul dengwan warna hitam seperti burung gagak yang bernegara, artinya adalah sangat hitam.

Kuning kumpul padha kuning kaya podhang reraton tegese yaiku kuning banget, pooool kuninge amarga akehe. Artinya kuning berkumpul dengan kuning bagaikan burung kepodang yang bernegara.

Ijo kumpul padha ijo kaya bethet sayuta tegese yaiku banget ijone, artinya hijau berkumpul dengan hijau bagaikan burung betet sejuta. Artinya adalah sangat hijau banget, menghijaukan karena banyak jumlahnya.

Demikian sekedar tambahan tentang tembung pepindhan basa Jawa mliwis baris, tuladha ukara lan tegese, maturnuwun dan wassalaaamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top