Ukara Ketiban Ndaru Artinya Kalebu Jenise Basa Rinengga

Contoh kalimat tuladha Ukara nganggo tembung ketiban ndaru lengkap dengan tegese artinya Basa Jawa kedalam bahasa Indonesia Kalebu Jenise Basa Rinengga tembung pepindhan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, ada kebingungan sendiri apabila hendak memilah tembung dalam Basa Jawa, apakah masuk dalam kategori bebasan paribasan saloka pepindhan maupun panyandra.

Karena ada makna dan artinya yang masuk dalam irisan. Artinya yaitu bisa masuk dalam kategori paribasan maupun pepindhan.

Ada juga apakah masuk dalam kategori panyandra ataupun tembung pepindah. Misalnya lakune kaya macan luwe, masuk dalam kategori tembung pepindhan, namun juga bisa menjadi panyandra solah bawa.

Hal ini juga berlaku dalam ungkapan bungahe kaya ketiban ndaru tegese yaiku senenge kaya nemu kabegjan kang akeh banget, artinya senangnya bagaikan mendapatkan dewi fortuna.

Gawea tuladha ukara nganggo tembung pepindhan! Contoh ukarane adalah sebagai berikut;

Aku seneng banget ketemu Asti, bungahku kadya ketiban ndaru, artinya adalah saya sangat senang bertemu dengan Asti, senangnya bagaikan mendapatkan keberuntungan yang sangat banyak.

Tegese ketiban ndaru

tegese ketiban ndaru artinya

Dalam bahasa Jawa ketiban asale saka tembung lingga “tiba” tegese yaiku ceblok saka ndhuwur, dhene ketiban tegese yaiku kena apa – apa kang tiba.

Artinya adalah kejatuhan, berasal dari kata jatuh. Dalam hal ini kejatuhan artinya adalah kena sesuatu yang jatuh.

Ndaru tegese yaiku lintang kang sumorot kelap kelip, artinya ndaru adalah bintang bercahaya, melambangkan ungkapan untuk keberuntungan.

Jadi dalam khazanah Jawa maupun lazimnya pengandaian pemisalan umum. Mendapatkan atau kejatuhan bintang bersinar merupakan ungkapan mendapatkan keberuntungan.

Lazimnya dalam Indonesia yaitu mendapatkan dewi Fortuna yaitu dewinya keberuntungan. Orang Jawa menyebutnya dengan “bejo banget” yang maknanya yaitu entuk kabegjan kang akeh banget.

Ada yang menyangkutkan dengan weton atau hari pasaran kelahiran seseorang. Apabila lahir pada hari ini pasaran semisal pon wage kliwon legi paing maka mendapatkan keberuntungan yang sangat tinggi.

Kalau menelusuri darimana asal landasan keberuntungan niscaya jawabannya hanyalah berupa menurut simbah-simbah nenek moyang yang sudah mendahului tanpa ada patokan pegangan yang pasti.

Yaitu asumsi kepercayaan berdasarkan cerita turun temurun yang tidak ketemu siapa yang awal mula mengatakan rumusannya.

Demikianlah Ukara ketiban ndaru artinya Kalebu Jenise Basa Rinengga tembung pepindhan lengkap dengan contoh kalimat beserta arti dan terjemahnya.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*