Jlentrehna Fungsine cangkriman, sebutna!

Jlentrehna Fungsine cangkriman, sebutna!

Sebutna lan jlentrehna apa wae fungsine cangkriman Basa Jawa! Artinya adalah sebutkan dan terangkan apa saja fungsi dari permainan tebak tebakan dalam bahasa Jawa ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam khazanah budaya Jawa, cangkriman yaiku unen unen utawa rumpakan kang kudu dibatang utawa dibethek. Artinya adalah ungkapan atau lontaran kalimat yang harus dijawab.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa saja fungsi dari teka teki ini?

Jlentrehna Fungsine Cangkriman Basa Jawa lan Terangna!

Saok ora-orane fungsine cangkriman ana 4 (papat) yaiku;

  • Panglipur;
  • Ngasah otak;
  • ndhidhik
  • Nuwuhake karukunan

Jadi setidaknya fungsinya tebak – tebakan dalam bahasa Jawa ada 3 yaitu untuk panglipur (hiburan), ngasah otak (mengasah otak), lan ndhidhik (mendidik).

Jlentrehna! Terangkanlah! Berikut keterangan penjelasan dari ketiganya

Kanggo panglipur

Cangkriman fungsine bisa kanggo panglipur, dolanan kanca menawa ana wektu kang longgar, artinya yaitu tebak-tebakan kata berfungsi untuk menghibur, kesenangan, apabila ada waktu senggang dengan kawan.

Selain hiburan, bisa juga untuk mengakrabkan dan mempererat tali sillaturrahmi dan mencairkan suasana dan menghindarkan diri dari kegiatan yang negatif.

Fungsine kanggo ngasah otak

Menawa mbatang utawa mbedhek cangkriman kudu mikir, apabila hendak menjawab suatu tebak-tebakan kata dalam bahasa Jawa maka semestinya akan berpikir.

Dengan berpikir akan mengasah dan membuat pikiran menjadi tajam serta menambah wawasan pengetahuan.

Selain itu juga meningkatkan kemampuan berpikir dalam menganalisa suatu jawaban untuk sebuah pertanyaan.

Fungsine cangkriman kanggo ndhidhik

Ing buku mata pelajaran Basa Jawa ana bab kang mbahas cangkriman, saengga cangkriman iki isa dadi materi pelajaran ing Basa Jawa kanggo ndhidhik para siswa.

Dalam beberapa buku pelajaran Bahasa Jawa ada pembahasan tentang cangkriman atau tebak-tebakan bahasa Jawa, sehingga tebakan ini menjadi materi untuk mendidik para siswa dan siswi dalam mengenal khazanah budaya.

Selain itu bisa juga menyisipkan tebak-tebakan atau cangkriman yang sifatnya memberikan semangat kepada murid agar lebih giat dalam membaca.

Contohnya cangkriman tugelan wanda (wancahan) sing unine caku dither lescaku didho sing batangane maca buku dadi pinter, males maca buku dadi bodho.

Artinya adalah rajin membaca buku menjadi pintar, malas baca buku menjadi bodoh.

Nuwuhake karukunan

Salah sijine fungsine cangkriman yaiku nuwuhake karukunan. Kanthi dolanan cangkriman bareng kancane ndadekake suasana akrab lan tambah rumaket anggone kekancan.

Artinya yaitu menumbuhkan kerukunan. Dengan bermain tebak-tebakan kata dengan rekan akan menjadikan tumbuhnya keakraban antar teman dan semakin dekat pertemanannya.

Itulah informasi mengenai fungsi dari keberadaan cangkriman Basa Jawa yang merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*