Pundhake Nraju Mas Tegese, Tuladha Ukara

pundhake nraju mas
Share

Ukara Tembung Panyandra pundhake nraju mas tegese yaiku pundak kang padha rata kiwa lan tengen apik kaya traju mas masan. Artinya kalimat yang memuji pundaknya bagaikan timbangan tangan untuk menimbang emas yang rata kiri serta kanan elok serta indah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang selamat pagi semoga mendapatkan anugerah kesehatan kecerdasan serta kemakmuran dan aman ekonomi serta keuangan.

Kali ini kita akan membahas mengenai ungkapan kata dalam bahasa Jawa yang isinya berupa pujian untuk bagian tubuh yang indah.

Dalam bahasa Jawa kita bisa mengatakan dengan panyandaranging perangane awak kang endah lan apik.

Bagian tubuh yang mendapatkan pujian indah kali ini adalah bahu alias pundak. Biasa orang orang pergunakan untuk meletakkan alat pemikul pada saat membawa sesuatu yang berat, misalnya dua buah keranjang berisi rumput untuk pakan.

Jadi kita bisa mengatakan bahwa panyandrane perangane awak pundake yaiku nraju mas.

Tegese Pundhake Nraju Mas

Untuk mengetahui lebih mendalam kenapa ungkapan keindahan bahu badan (pundak-Jawa) dengan traju mas maka ada baiknya kita membedah arti kata pada ungkapan panyandra ini.

Pundake tegese yaiku perangane awak bagian pundhak, biasane kanggo mikul utawa nggawa barang kang abot. Artinya adalah bahu yang lazimnya untuk membawa atau mengangkat barang maupun benda yang berat.

Nraju asale saka tembung traju, tegese timbangan tangan. Nraju berasal dari kata traju yang memiliki arti timbangan tangan.

Mas tegese yaiku barang arupa mas-masan, artinya adalah emas (yang berharga).

Jadi penjelasan dalam panyandrane pundhak ini adalah memisalkan bahu yang indah dengan timbangan tangan untuk menimbang emas, yaitu seimbang dan sama antara kiri dan kanan, tidak berat sebelah, panjangnya juga sama dan seimbang.

Kata nraju dalam bahasa Jawa kita bisa menerjemahkan serupa dengan traju, contoh lain nggendhewa maksudnya yaitu kaya gendewa (alat untuk memanah).

Gawea ukara nganggo tembung panyandra pundhak!

Maka berikut contoh kalimat dalam bahasa Jawa,” Lestari wonge ayu, bangkekane nawon kemit, payudharane nyengkir gadhing, pundhake nraju mas. Artinya lestari orangnya cakep, pinggangnya kecil, dadanya besar, pundaknya seimbang.

Demikianlah informasi mengenai tuladha ukara panyandra perangane awak pundhak nraju mas, semoga mempermudah dalam menjawab soal ulangan ujian mid maupun semesteran.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan akhirnya wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.