Athi Athine Ngudhup Turi Tegese, Tuladha Ukara (Tembung Panyandra)

athi athine ngundhup turi tegese
Share

Athi Athine Ngudhup Turi tegese yaiku rambut ana ing pilingan (pipi) bentuke kaya pucuk kembang turi artinya adalah bentuk rambut pada pelipis seperti kuncupnya bunga turi, melengkung kebelakang seperti bentuk huruf “J”, kalebu jinise tembung panyandra perangane awak.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng enjang dan selamat pagi. Jika ada soal Bahasa Jawa berbunyi “sing lumrah cinandra ngundhup turi iku apane? Jawabane utawa wangsulane yaiku athi-athine (godheg).”

Jadi ungkapan ini adalah kata-kata pujian dalam Bahasa Jawa untuk bagian tubuh yaitu rambut yang berada di pelipis dengan bentuk melengkung ke belakang seperti huruf “J”.

Dalam bahasa Jawa, athi athi tegese yaiku rambut ana ing pilingan ngarep kuping (godheg) artinya adalah rambut yang ada di pelipis depan telinga.

Ngundhup turi tegese yaiku (kaya, memper) undhupe kembang turi, yaitu mempunyai bentuk seperti bunga pohon turi yang melengkung ke belakang.

Menurut litbang pertanian Banten, Tanaman Turi merupakan Tanaman yang bisa kita temukan di bawah 1.200 m dpl.

Mempunyai bentuk Pohon ‘kurus’ serta berumur pendek.

tingginya tinggi 5-12 m. Sedangkan rantingnya kerapkali menggantung

adapun Kulit luar turi mempunyai warna kelabu hingga kecoklatan dan tidak rata, dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan, lapisan gabus yang mudah mengelupas.

Pada bagian dalam berair dan sedikit berlendir. Percabangan baru keluar setelah tinggi tanaman sekitar 5 meter.

Pohon ini berakar bintil-bintil,berisi bakteri yang dapat memanfaatkan nitrogen. Keadaan ini bisa menyuburkan tanah.

Untuk Daun, bunga dan polong muda dapat menjadi konsumsi manusia sebagai sayur atau dipecel.

Manfaat daun muda setelah dikukus kadang dimakan oleh ibu yang sedang menyusui anaknya untuk menambah produksi asi meskipunmemiliki bau yang tidak enak dan berlendir.

Untuk Bunganya sendiri mempunyai citarasa gurih dan manis. Lazimnya bunga turi mempunyai warna putih. Bunga ini yang dikukus dan dimakan sebagai pecel.

Manfaat lain bagian turi yaitu Daun dan ranting muda juga merupakan makanan ternak yang kaya protein.

Tuladha ukara Athi Athine Ngudhup Turi Tegese

Gawea utawa wenehana contoh tuladha ukara tembung panyandra athi-athine ngundhup turi!
Berilah contoh kalimat dalam Bahasa Jawa menggunakan kata pujian untuk rambut yang berada pada depannya kuping atau pada pelipis!

Berikut contohnya.

Aku duwe kanca jenenge Asti Setyarini, rambute ngembang bakung, athi-athine ngundhup turi, nengsemake menawa ana kang nyawang. Artinya saya mempunyai teman namanya Asti Setyorini, rambutnya ikal, bentuk rambut pelilisnya melengkung kebelakang seperti huruf J, membuat senang orang yang memandangnya.

Demikianlah tuladha ukara tembung panyandra perangane awak yaiku athi-athi kang panyandrane yaiku ngundhup turi lengkap dengan tegese artinya dalam Bahasa Jawa ke Indonesia beserta contohnya dan kalimatnya.

Salam kenal, wilujeng enjang dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.