Jalan Pintas Gentungan Potrojalu di Ngargoyoso, Jarak dan Waktu

gerbang dusun gentungan desa girimulyo
Share

Jalan Pintas Gentungan Potrojalu. Ini hanya sekedar iseng mencoba menyajikan fakta dan data tentang berapa perbandingan jarak dari Dusun Gentungan ke Suwatu melewati dusun Potrojalu dan lewat Dusun Plawan Selourik yang sebagian masuk wilayah Desa Girimulyo Kecamatan Ngargoyoso.

pontren.com – assalaamu’alaikum – Bagi orang lokal, jalan pintas ini merupakan alternatif terbaik untuk menyingkat waktu dan hemat bensin (zaman now sering menyebut dengan BBM).

Apalagi bagi orang yang rutin pulang pergi melewati kawasan ini, tentu apabila dalam sebulan menghitung selisihnya maka lumayan hemat waktu dan juga bahan bakar minyak alias BBM berupa pertalite apalagi pertamax.

Kenapa bisa begitu? Secara feeling perasaan pasti mengatakan bahwa jarak tempuh kali Suwatu – gentungan via potrojalu jauh lebih dekat daripada melewati dusun Plawan dan Nglorok.

Namun, berapa sih selisih jarak kilometernya?

Karena kepo dan penasaran kemudian saya membuka ponsel Samsung A12 (hape paling laris di dunia tahun 2021) untuk menganalisa jaraknya dengan menggunakan google maps.

Ups disana juga ada estimasi waktu perjalanan baik dengan jalan kaki, sepeda motor ataupun dengan menggunakan roda empat alias mobil.

Setelah mengutak atik keberangkatan dari kali suwatu (dalam hal ini saya memilih titik lokasi bengkelnya mas win) dan berakhir di pertigaan gerbang gentungan, maka data dan fakta melalui google maps dalah sebagai berikut;

Perbandingan jarak Gentungan Suwatu Lewat Potrojalu dengan Plawan

screen shoot jarak kali suwatu ke Gentungan melintasi dusun Potrojalu

Sebagaimana saya sampaikan tadi, titik keberangkatan dalam percobaan ini adalah win bengkel, sampingnya rumah makan nova.

Kemudian titik berakhir perjalanan saya memilih lokasi depan pintu gerbang dusun Gentungan.

Dalam peta google maps memberikan keterangan bahwa jarak kali suwatu atau ujung dusun Potrojalu (Bengkel Win) sampai depan Gerbang Dusun Gentungan adalah 1.000 meter alias 1 kilo meter pas (kalau dalam google maps dan titik yang saya tandai).

Nah sekarang kalau ke ngGentungan dari kali Suwatu lewat plawan nglorok selourik jaraknya berapa?

Awalnya saya kesulitan menghitungnya karena google tidak memberi jalur ini lewat nglorog.

Akhirnya saya membuat dua perjalanan yaitu suwatu rocket chicken Nglorog – lanjut sampai gerbang pintu masuk Dusun Gentungan.

Berikut hasilnya yaitu;

  • Kali Suwatu/Win Bengkel – Rocket Chicken Nglorog = 1,5 km
  • Rocket chicken nglorog – gentungan = 1,1 km.

Jadi jaraknya kali suwatu/Win Bengkel ke Gentungan via Plawan dusun Nglorog adalah 2,6 km.

Sehingga selisihnya mencapai 1,6 kilo. Karena jika lewat potrojalu maka hanya seribu meter alias satu kilo meter.

Sedangkan via rute segondang plawan nglorog selourik perlu menempuh 2,6 kilo meter.

Belum lagi jika jalur nglorog sampai pom bensin mini sedang rusak, malah ekstrim seperti jalur offroad jeep wisata kemuning, padahal harusnya jalan halus aspal (alhamdulillah sekarang udah mendingan).

Tentu makin semangat nyebal lewat jalan pintas.

Estimasi waktu perjalanan dan perbandingan Jalan Pintas Gentungan Potrojalu dengan lewat Segondang Plawan Nglorog Selourik

warga yang sering melewati jalan pintas rute kali suwatu – dusun potrojalu – dusun ngGentungan

Google biasanya membuat rata rata estimasi waktu kendaraan roda dua ataupun empat serta jalan kaki untuk memperkirakan waktu perjalanan.

Mengacu hal ini maka perjalanan anda jika melewati rute suwatu, potrojalu, gentungan maka

Jalan kaki = 14 menit
Sepeda motor = 2 menit
Mobil = 3 menit.

Sekarang kita bandingkan waktunya apabila anda memilih menggunakan jalur suwatu plawan segondang nglorog seolurik sampai ke Gentungan.

Berikut estimasi perjalanannya dalam waktu menurut analisa google yaitu;

Jalan kaki = 35 menit
Sepeda motor = 5 menit
Mobil/roda 4 = 7 menit

Nah itulah hasil rata rata perjalanan via jalan pintas jalur alternatif potrojalu berbanding dengan melewati jalan segondang plawan.

Pantas saja orang lebih memilih melewati dusun potrojalu. Alasannya jelas, jaraknya lebih dekat, waktunya lebih singkat, dan tentu lebih hemat BBM, lha wong mencapai separo lebih selisih jarak dan waktunya.

Demikian obrolan iseng kali ini, semoga menambah sekedar informasi mengenai wilayah di Ngargoyoso. Salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Disclaimer

Ini hanya opini pribadi saja, dengan parameter menggunakan google maps sebagai alat untuk melakukan pengukuran.

Apabila anda memiliki metode berbeda dan hasil yang tidak sama bisa saja terjadi.

Artikel ini hanya sekedar hiburan semata dan tambahan informasi lainnya, tidak berkaitan dengan politik maupun pilkada dan lain sebagainya.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.