Lemune Benjo Tampah Tegese, tuladha Ukara

santri kobong

Lemune benjo tampah tegese yaiku lemu banget nganti bunder, kalebu jenise tembung sanepa Basa Jawa, tuladha ukara ana ing ngisor. Contoh kalimat ada di bagian bawah artikel ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam pemirsa. Kali ini kita akan membahas tentang tembung sanepa kang tegese yaiku bunder banget.

Ada yang memakai sanepa ini untuk raine alias wajahnya, adapula untuk menunjukkan postur tubuh yang besar alias gemuk.

Jadi tembung sanepa adalah suatu ungkapan dalam bahasa Jawa yang menggunakan kata kebalikan dari yang dimaksudkannya. Misalnya menunjukkan sesuatu yang sangat pendek dengan mengatakan dedege dhuwur kencur.

Kencur sendiri merupakan tanaman yang pendek, untuk menunjukkan sangat pendeknya dedeg (perawakan tinggi seseorang) dia menggunakan kata duwure (tingginya).

Sama halnya dengan ungkapan untuk menunjukkan sesuatu yang sangat bulat atau bundar, sanepa ini memakai kata benjo.

dalam khazanah bahasa Jawa, tegese benjo yaiku ora bunder klêpêng. Artinya adalah tidak bundar, lonjong.

sedangkan tegese tampah yaiku bangsane tebok gedhe wengkune wilahan pring. Yaitu peralatan rumah tangga yang bentuknya bundar terbuat dari anyaman bambu untuk menampi (membersihkan beras).

Benjo Tampah Tegese, Tuladha Ukara

Jadi tegese benjo tampah yaiku bunder banget, artinya adalah sangat bundar atau bulat. Karena sanepa, ungkapan ini menggunakan kata benjo yang artinya yaitu tidak bulat atau lonjong.

Wenehana utawa gawea tuladha ukara nganggo tembung sanepa kang ana sing ndhuwur!

berikut ini adalah contoh kalimatnya dalam bahasa Jawa beserta terjemahnya menggunakan Bahasa Indonesia.

Menawa kakean mangan lan kurang olahraga awake mengko lemune benjo tampah.

artinya yaitu, apabila kebanyakan makan dan kurang olahraga badannya nanti gemuknya lonjong tampah (artinya sangat bulat alias begitu gemuk sangat).

Contoh lainnya yaitu untuk kata wajah yang dalam bahasa jawa yaitu rai.

Aku namatne sinden sing kemayu kuwi, tak sawang sawang raine benjo tampah. Artinya yaitu; Saya mengamati sinden yang kemayu itu, saya perhatikan wajahnya sangat bulat.

demikian informasi tentang sanepa basa jawa kang ateges lemu banget utawa bunder ngleker besert arti dan contohnya. Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *