Utange Arang Wulu Kucing Tegese Sanepa, Tuladha Ukara

utange arang wulu kucing
Share

Utange Arang Wulu Kucing Tegese yaiku utang kang akeh banget, nduwe utangan sing banget akehe artinya hutangnya jarang bulu kucing mempunyai arti memiliki pinjaman yang suanguat buanyuak (sangat banyak) kalebu tembung sanepa, tuladha ukara, Negara Indonesia utange arang wulu kucing.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng dalu, selamat malam para pelajar pada lembaga pendidikan negeri maupun swasta baik jenjang pendidikan SD SMP SMA maupun pada Sekolah Madrasah MI MTs dan Aliyah.

Kali ini kita akan membahas ungkapan bahaasa Jawa mengenai banyaknya pinjaman atau hutang dalam sanepa bahasa Jawa.

Apa sih sanepa itu?

Sanepa Yaitu ungkapan sebangsa pepindhan (mirip/semisal/seperti) dan tetap tempatnya, mengandung hal yang menekankan sangat namun menggunakan kata kebalikan dari yang dimaksudkan.

Jika kita menerjemahkan pengertian diatas dalam bahasa Jawa, pangertene sanepa yaiku unen-unen bangsane pepindhan lan ajeg panggonane, ngemu surasa mbangetake ananging nganggo tembung kang ateges kosokbalene karo karepe.

Jadi inti dari sanepa yaitu memisalkan sesuatu dan membuatnya sangat namun menggunakan kata kebalikannya.

Contoh sanepa yang lain contohnya yaitu polahe anteng kitiran, awake kuru semangka, dan lain sebagainya.

Tegese sanepa utange arang wulu kucing

Sebagaimana sudah kami sampaikan sebelumnya pada paragraf pertama, arti utang kang arang wulu kucing tegese yaiku nduwe utang akeh banget, utang kang akih artinya pinjamannya atau hutangnya sangat banyak.

Tanda bahwa ungkapan atau unen-unen ini masuk dalam kategori tembung sanepa yaitu dalam kata arang yang artinya jarang, namun kemudian ada lanjutan wulu kucing.

Orang jawa lazimnya melihat kucing mempunyai bulu yang sangat banyak dan lebat. Mulai dari ujung kaki sampai dengan badan dan wajahnya bahkan bagian ekor semuanya ada bulunya.

Intinya sekujur badan kucing mempunyai bulu.

Hal inilah yang menunjukkan bahwa ungkapan ini masuk dalam jenis tembung sanepa karena adanya kata arang yang artinya jarang, kemudian wulu kucing (sangat banyak).

Suatu kata yang bertolak belakang atau kosokbaline.

Sehingga maksudnya ungkapan ini adalah seseorang yang memiliki pinjaman sangat banyak, basa Jawane utange akeh banget.

yang jelas ungkapan ini bukanlah kucing Sphynx. Karena kucing Sphynx termasuk dalam kategori jenis kucing tanpa bulu, alias hanya kulit saja dan tidak ada bulunya.

Gawea ukara nganggo tembung sanepa utange arang wulu kucing! Buatlah contoh kalimat sanepa dengan menggunakan kalimat ungkapan pinjamannya atau hutangnya jarang bulu kucing!

Berikut tuladhane ukarane contohnya dalam Kalimat Bahasa jawa

Negara Indonesia utange arang wulu kucing artinya negara Indonesia hutangnya jarang bulu kucing. Anda bisa mengganti contoh ini dengan nama orang semisal Albertus atau Agustinus dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai tegese sanepa, tuladha ukara contoh kalimat dalam Bahasa Jawa beserta arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia. Wilujeng dalu, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.