Aja Nyapu Ing wayah Bengi ora Ilok Tegese (Gugon Tuhon)

Aja Nyapu Ing wayah Bengi ora ilok
Share

Aja nyapu wayah bengi, ora ilok, gugon tuhon kasebut duwe karep a. Ngajari carane nyapu, b. Regede ing wektu wengi gur sithik, c. Nyapu wayah wengi regede ora katon, d. Nyapu ing wayah bengi iso suwe amarga akeh lebune. Jawabane utawa wangsulane kang bener yaiku c, amarga nek bengi regetan ora ketok.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng dalu, selamat malam para pembaca internet, khususnya para siswa siswi pada sekolah dasar, menengah pertama maupun atas yang mempelajari mapel Bahasa Jawa.

Kali ini kita akan membahas mengenai gugon tuhon aja nyapu bengi. Yang artinya adalah larangan atau janganlah menyapu pada waktu malam hari.

Kenapa ada wawelar tentang larangan untuk membersihkan lantai dengan menggunakan sapu pada waktu malam?

Apa maksudnya? Tujuannya kenapa?

Jadi gugon tuhon merupakan sikap menurut (nggugu) apa yang datang tanpa mempertanyakan, sekedar mempercayai saja.

Namun ada alasan kenapa muncul wawelar gugon tuhon aja nyapu ing wayah wengi.

Alasannya adalah situasi pada waktu malam yang gelap yang berakibat hasil membersihkan lantai menjadi tidak maksimal.

Tegese Gugon Tuhon Nyapu Ing wayah Bengi ora Ilok

Jadi sebagaimana barusan kita sampaikan maksudnya atau karep gugon tuhon ojo nyapu ing wayah bengi yaiku amarga nek bengi kuwi peteng, saengga regedan ora katon samangke anggone nyapu hasile ora resik.

Jadi maksud tujuan adanya larangan menyapu pada waktu malam hari dalam gugon tuhon masyarakat budaya Jawa ini alasannya karena malam yang gelap. Akibatnya kotoran menjadi tidak kelihatan dengan jelas.

Apabila kotoran atau dalam bahasa Jawa disebut dengan regedan tidak tampak maka pada waktu membersihkan lantai pun menjadi tidak maksimal.

jadi alasan logisnya adalah dalam rangka memaksimalkan usaha membersihkan lantai dengan sapu maka sebaiknya dilakukan pada saat siang hari.

Demikianlah informasi mengenai gugon tuhon Basa Jawa larangan menyapu pada waktu malam hari yang dalam bahasa Jawa yaitu aja nyapu bengi ing wayah wengi amarga peteng saengga regedan ora katon.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan akhirnya wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuhu.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.