Amba Godhong Kelor Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Amba Godhong Kelor Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Apa tegese tembung sanepa ing ngisor iki Amba godhong kelor! Kalebu basa rinengga tembung apa? Jawabane yaiku nduweni teges utawa ateges ciyut banget, kalebu tembung sanepa Basa Jawa, atinya secara harfiah yaitu lebar daun kelor yang maknanya adalah sangat sempit sekali.

pontren.com – assalaam’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam. Dalam Bahasa Indonesia ada pepatah yang mengatakan “Dunia tak selebar daun kelor”, yang artinya adalah dunia itu sangat luas, tidak hanya sempit yang pemisalannya seperti hanya luasnya daun kelor.

Nah pepatah ini atau peribahasa luasnya dunia yang begitu luas tak sesempit daun kelor, mempunyai makna yang sama dalam ungkapan tembung sanepa sebagaimana ada dalam judul artikel ini.

Dalam khazanah budaya Jawa, tembung sanepa merupakan suatu ungkapan yang menekankan atau menyangatkan sesuatu menggunakan kata kebalikannya alias kosokbaline (tembung kosokbalen).

Untuk mengatakan sesuatu yang sangat sempit, pada tembung sanepa memakai awalan kata amba yang artinya adalah luas.

Namun kata ini tidak menunjukkan sesuatu yang luas, akan tetapi malah menunjukkan sesuatu yang begitu sempitnya. Karena setelahnya menggunakan kata godhong kelor.

Tegese amba godhong kelor, tuladha ukara, contoh kalimat

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu kata atau tembung yang ada dalam sanepa ini.

Tegese amba yaiku ora ciyut, ngoblah-oblah, basa kramane wiyar, artinya adalah luas.

Godhong yaiku péranganing wit-witan awujud lembaran ijo mawa gagang. Artinya, daun adalah bagian pepohonan atau tumbuhan yang berbentuk lembaran umumnya berwarna hijau dengan tangkai.

Kelor yaiku araning wit godhonge kêna dianggo têtamba. Kelor adalah sebutan tumbuhan atau pohon yang daunnya bisa untuk pengobatan.

Kalau dalam kamus besar bahasa Jawa kelor merupakan pohon merunggai yang daunnya bisa untuk sayur maupun obat-obatan.

Gawea tuladha ukara nganggo tembung sanepa ana ing ngisor utawa ndhuwur kuwi! Buatlah contoh kalimat memakai ungkapan sebagaimana dalam pembahasan ini!

Berikut adalah contohnya kalimatnya menggunakan basa Jawa alias tuladhane ukarane.

Bocah sing ora babar blas ora tau metu saka omah jangkahe amba godhong kelor, tegese yaiku pengalamane sithik banget utawa ciyut, ora akeh.

Artinya : anak yang sama sekali tidak keluar dari rumah langkahnya seluas daun kelor, artinya pengalamannya sangat sedikit sekali atau sempit.

Demikianlah tambahan informasi bagi pelajar siswa siswi SD SMP SMA yang mempelajari mapel Basa Jawa khusunya tentang sanepa kang nduweni teges utawa ateges ciyut banget (sangat ciut). Maturnuwun sudah mampir, wilujeng dalu dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*