Bagus Banget Kaya Raden Kamajaya Tegese Tembung Pepindhan

bagus banget kaya raden kamajaya
Share

Ukara tembung pepindhan kang nduweni teges bocah lanang utawa priya kang duweni pasuryan baguse bagus banget kaya raden Kamajaya tumurun, tuladha ukara nganggo jeneng Windu putrane bu Laksmi, Mas Wahyudi, dhik satriya bagus banget cinandra kaya, lan sakpiturute.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, tegese tembung pepindhan bagus banget kaya raden kamajaya tegese wong kang duwe rai gantheng sak pole, kebagetan kecakepannya seperti bintang K-Pop asal Korea selatan yang dalam Bahasa Jawa istilahnya yaitu kaya Bathara Kamajaya.

Kenapa pemisalannya adalah raden atau Bathara Kamajaya?

Alasannya adalah karena dalam kisah pewayangan, dia merupakan anak dari Sang Hyang Ismaya (Kiai Semar).

Dalam kisah ini menyebutkan bahwa dia adalah makhluk yang berwajah paling tampan di Tribuana (jagad Mayapada, Madyapada dan Arcapada). Nah sampai disini anda bisa menyimpulkan alasan pepindhan atau pemisalan ketampanan seseorang dengan tokoh wayang ini.

Tokoh yang menjadi simbol ketampanan ini mempunyai istri bernama Dewi Ratih atau Kamaratih.

Cerita wayang menggambarkan kedua pasangan ini merupakan role model untuk kehidupan biduk rumah tangga.

Dewi Ratih/Kamaratih merupakan putri Bathara Soma, kedua suami-istri ini menjadi lambang kerukunan antara suami dengan istri di jagad raya. Mereka terkenal sangat rukun, tidak pernah berselisih, sangat setia satu sama lain dan cinta mencintai.

Tegese Bagus Banget Kaya Raden Kamajaya, Tuladha Ukara

Tidaklah sulit mengartikan atau menerjemahkan ungkapan kalimat tembung pepindhan ini dalam Bahasa Indonesia. Artinya yaitu sangat ganteng seperti Bathara Kamajaya yang merupakan tokoh wayang paling tampan di jagad pewayangan.

Jadi sudah tau ya kenapa istilahnya mirip kegantengannya dengan Raden kamajaya.

Gawea tuladha ukara nganggo tembung pepindhan gantenge utawa baguse kaya Bathara utawa Raden Kamajaya! Buatlah contoh kalimat dalam Bahasa Jawa menggunakan kata cakepnya bagaikan Kamajaya.

Bagi anda yang narsis dan pede serta siap-siap membuat guru dan teman sekolah anda membully sampean, silakan menggunakan contohnya atau tuladhane ukarane sebagaimana berikut ini.

Sakdurunge mangkat sekolah aku ngilo, aku weruh nang kaca pengilon wong sing baguse kaya raden Kamajaya. Artinya adalah sebelum berangkat sekolah saya bercermin, saya melihat dalam kaca orang yang gantengnya bagaikan Bathara Kamajaya.

Contoh lainnya yaitu, ora maido yen akeh kenyo tresno maring mas Ariel amarga bagus banget kaya raden kamajaya.

Nah demikianlah tembung pepindhan kang dadi pepindhane wong sing bagus banget, ganteng, luhur budi akhlaknya yaitu seperti tokoh wayang yang merupakan anak dari Hyang Ismaya alias Kiai Semar.

Demikian yang bisa kami sampaikan, atas kunjungannya kami ucapkan terima kasih, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.