Balunge Atos Debog Tegese Yaiku, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Balunge atos debog tegese balunge yaiku empuk banget, kalebu jenise tembung sanepa Basa Jawa, artinya tulangnya keras pohon pisang, maksudnya adalah tulangnya sangat empuk sekali, tuladha ukara contoh kalimat sebagaimana berikut paragraf agak bawah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi. Mari kita membahas tentang tembung sanepa kang tegese utawa ateges empuk banget.

Jadi sanepa merupakan ungkapan basa rinengga yang menggambarkan sangatnya sesuatu dengan memakai kata kebalikannya. Dalam bahasa Jawa yaiku nganggo tembung kosokbalen utawa kosokbaline.

Maka dalam irah-irahan (judul) pada artikel ini memakai kata keras untuk menunjukkan sesuatu yang sangat empuk.

Kenapa begitu?

Mari kita mengetahui arti harfiah dari ungkapan sanepan Basa Jawa ini satu persatu.

Balunge asale saka tembung lingga balung, tegese yaiku raganganing kéwan (manungsa), basa krama inggile yaiku tosan.

Bahasa Indonesianya balung adalah tulang, yaitu kerangkanya hewan atau manusia. Adapun Bahasa halusnya adalah tosan.

Atos tegese yaiku padet, kuwat lan ora gampang malih bentuke. Artinya keras adalah padat kuat dan tidak mudah berubah bentuknya atau tidak mudah pecah.

Debog tegese yaiku wit gedhang, gedebog artinya atau maksudnya adalah pohon pisang.

Jadi secara harfiah dari ungkapan ini adalah kerasnya pohon pisang, maksudnya adalah sangat empuk sekali. Mudah ditembus dan lain sebagainya.

Tuladha Ukara Tembung Balunge Atos Debog

Wenehana utawa gawea tuladha ukara nganggo tembung kang ana ing ndhuwur! Buatlah contoh kalimat menggunakan tembung sanepa yang ada dalam judul artikel ini, misalnya seperti itu.

Jadi masa sekarang banyak menu makanan yang memakai teknik presto dalam penyajiannya.

Hal ini bisa menjadi contohnya kalimatnya untuk ungkapan sanepa basa Jawa kang tegese yaiku empuk banget.

Contoh kalimat misalnya;

Kala wingi aku mangan nang warung pitik presto, rasane enak banget lan balunge atos debog. Artinya adalah “kemarin saya makan di rumah makan ayam presto, rasanya sangat lezat dan tulangnya keras seperti gedebog pohon pisang (maksudnya tulangnya sangat lunak atau empuk).

Demikian tambahan pembelajaran untuk para siswa siswi SD SMP SMA maupun santri pada Madrasah Ibtidaiyah Tsanawiyah Aliyah tentang mapel Basa Jawa materi sanepa empuk banget.

Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan komentar