Polahe Anteng Kitiran Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

polahe anteng kitiran
Share

Polahe anteng kitiran tegese yaiku Jlalatan/ra gelem meneng, ora iso anteng, kakean polah, kalebu tembung sanepa, contoh kalimat tuladha ukara ukarane Basa Jawa,” kancaku duwe watek polah kaya antenge kitir artinya teman saya memiliki watak tingkahnya kalemnya kincir atau kipas.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng enjang dan selamat pagi para murid pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar, SMP maupun SMA serta siswa siswi pada Madrasah baik MI, MTs, maupun Aliyah.

Kali ini kita akan membahas tembung sanepa basa Jawa berkenaan dengan perilaku seseorang yang usil banyak tingkat tidak bisa diam.

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya polahe anteng kitiran kalebu tembung sanepa.

Apa iku tembung sanepa? Pangertene lan tegese tembung sanepa yaiku unen-unen bangsane pepindhan lan ajeg panganggone ngemu surasa mbangetake nanging nganggo tembung sing tegese kosok baline karo karepe.

Pengertian tembung sanepa adalah ungkapan sebangsa menyamakan, memiripkan dan tetap tempatnya, mengandung kata menekankan, menyangatkan, namun menggunakan kata yang artinya kebalikan dengan yang dimaksudkan.

Jadi kenapa anteng kitiran masuk dalam kategori jenis tembung sanepa? Karena dalam ungkapan ini menyebutkan tingkah seseorang atau sesuatu dengan anteng yang artinya kalem sebagaimana kitiran atau kincir.

Padahal yang namanya kitiran atau kincir tentu berputar dan apabila berfungsi tentu tidak bisa diam.

Jadi dalam ungkapan ini menggambarkan diamnya seseorang atau sesuatu dengan kebalikannya yaitu hal yang selalu bergerak yaitu kincir.

Hal ini cocok atau sesuai dengan pengertian sanepa yang intinya menyamakan (pepindhan/madhakne) lan mbangetake tingkah laku (polahe) yang kalem dengan kitiran (kincir).

Yaitu menyamakan kalem dengan hal yang berkebalikan (kincir selalu bergerak tidak bisa diam). Cocok dengan penjelasan ngemu surasa mbangetake lan nganggo tembung kosokwalike sing dikarepake. Menggunakan kata sebaliknya yang menjadi maksudnya.

Tegese Polahe Anteng Kitiran artinya Contoh Tuladha Ukara Sanepa

Sebagaimana sudah kami sampaikan artinya atau polahe anteng kitiran nduweni ateges ora bisa meneng, usil kakean polah.

Untuk lebih mengenal bahasa Jawa mari kita menyimaknya berdasarkan kamus online hasil penelusuran yang ada.

Polahe asale saka tembung polah, tegese yaiku kakean pratingkah (reka) artinya yaitu kebanyakan tingkah dan perbuatan).

Anteng tegese yaiku kalem, ora rewel, ora petingsing artinya yaitu tidak banyak bertingkah.

Kitiran tegese yaiku ubengan sing diubengane angin utawa banyu, artinya adalah kincir, putaran yang berputar dengan angin ataupun air.

Gawea ukara tuladha nganggo tembung sanepa polahe anteng kitiran! Buatlah contoh kalimat menggunakan kata sanepa tingkahnya kalem kincir!

Berikut contoh kalimat sederhana yang bisa kami haturkan contohnya atau tuladhane ukarane.

Asti anggone dodolan polahe anteng kitiran, Artinya si Asti dalam berjualan tingkahnya kalemnya kincir.

Bocah TK menawa ngaso polahe anteng kitiran artinya anakTK apabila waktu istirahat tingkahnya diam bagai kincir.

Demikianlah tuladha ukara sanepa basa Jawa lengkap dengan artinya dan terjemah dalam bahasa Jawa. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.