Aja Ngidoni Sumur, Mundhak Guwing (Gugon Tuhon)

aja ngidoni sumur mundhak guwing
Share

Aja ngidoni sumur, mundhak guwing. Gugon tuhon iku tujuane A. Njaga sumur supaya Ora reged B. Ngajari carane idu C. Njaga lambe supaya Ora guwing D. Njaga supaya Ora ketularan penyakit. Jawabannya adalah A yaitu menjaga sumur supaya tidak kotor atau tetap bersih.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang, semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat aman sentausa utamanya para siswa siswi SLTP sekolah lanjutan tingkat pertama baik kelas 7 8 ataupun 9.

Kali ini kita akan membahas gugon tuhon mengenai meludah pada sumur (ngidu maring sumur).

Sebelum lanjut, gugon tuhon asale saka tembung gugon lan tuhon.

Gugon asale saka tembung gugu kang tegese yaiku percaya apa anane ora nganggo takon lan neliti, pokoke percoyo. yang artinya indonesia yaitu dipercaya dengan apa adanya tanpa ditelaah atau diteliti terlebih dahulu.

Adapun tuhon asale saka tembung tuhu, tegese yaiku temanan, temen temen. Tuhon berasal dari kata tuhu yang berarti sesungguhnya.

Jadi pengertian atau pangertene gugon tuhon yaiku yaiku piwulang sing ora tinemu nalar nanging digatekake lan dituruti dening masyarakat artinya ajaran yang tidak ketemu akal namun mendapat perhatian serta ditaati oleh masyarakat.

Tegese Aja Ngidoni Sumur, Mundhak Guwing (Gugon Tuhon)

Jadi dalam ungkapan ini adalah berupa larangan untuk tidak meludahi sumur, alasannya supaya tidak sumbing bibirnya (guwing = sumbing).

  • Aja tegese yaiku ora entuk
  • Ngidoni asale saka tembung idu
  • Sumur yaiku sumber banyu
  • Mundhak tegese yaiku mengko iso dadi
  • Guwing tegese sigar lambene (sumbing – Indonesia)

Jadi jika kita melihat gugon tuhon jangan meludah pada sumur nanti bisa sumbing merupakan hal yang tidak ada kaitannya. Namun masih ada saja orang yang mempercayai hal ini secara harfiah.

Dalam versi lain memiliki ungkapan kalimat yaitu ora ilok ngidoni sumur, mengko anake mundak lambene guwing. Artinya yaitu janganlah meludahi sumur nanti anaknya bibirnya sumbing.

Yang jelas Aja Ngidoni Sumur, Mundhak Guwing Gugon tuhon iku tujuane Njaga sumur supaya Ora reged artinya supaya sumur tetap bersih dan juga terjaga higienisitasnya sebagai sumber air untuk manusia maupun hewan.

Demikian tambahan arti kata gugon tuhon larangan meludah pada sumur arti dan tujuannya dalam Bahasa Jawa. Wilujeng sonten, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.