Panca Sura Panggah Panyandara Kasebut Tegese

panca sura panggah
Share

Candrane wong nginum limang dhasar yaiku Panca Sura Panggah Panyandara Kasebut Tegese yaiku panca nduweni ateges lima, sura artine yaiku wani, kendel, gagah, panggah duwe arti kukuh. Artinya wong nginum limang dhasar (lima sloki) iku kendel ora duwe wedi arepo wonge cilik kuru mengi watuk-watuk. Maksudnya orang yang sudah minum 5 gelas miras menjadi pemberani karena akal sehatnya sudah mengalami gangguan akibat alkohol.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, kali ini kita akan membahas panyandrane wong nginum limang dhasar kang ukarane yaiku panca sura panggah tegese yaiku lima = panca/lima) kendel, wani, gagah, ora wedi (sura/berani), kukuh, ora obah, (panggah/tetap atau tidak bergeming).

Namun sayangnya keberanian ini bukan karena perhitungan yang matang dan cermat.

Akan tetapi karena akibat dari pengaruh miras yang mencapai lima gelas sehingga membuatnya hilang kontrol kesadaran dalam berpikir secara jernih.

Akibatnya karena tidak bisa mengendalikan otak untuk berfikir dengan baik membuatnya menjadi pemberani diluar nalar normal.

Asal berani, ora duwe wedi, tidak punya rasa takut, meskipun tubuhnya kurus kering pendek dan kecil, namun pada saat sudah menginjak pada gelas sloki ke lima ini membuatnya berani menantang orang yang bertubuh tinggi besar.

Arti panyandra Panca Sura Panggah

Sebagaimana sudah kami sampaikan sebelumnya bausastra dasanama pada panyandrane wong nginum adhedhasar lima yaitu menjadi sangat berani namun tanpa kontrol.

Bukan hanya berani menantang siapapun, namun juga keberanian yang lazimnya orang sadar tidak berani melakukan secara terang terangan karena malu.

Semisal bicara kotor ataupun jorok, melakukan kegiatan yang negatif, begituan dengan wanita dan lain sebagainya.

Singkatnya tegese yaiku wis ilang rasa was sumelang ana ing atine artinya sudah hilang rasa khawatir dan takut dalam hatinya. Yang ada hanya berani serta nekat namun tanpa perhitungan nalar yang sehat.

Dalam panyandra wong nginum ana 10 yaiku;

  • Eka Padma Sari
  • Dwi Amartani
  • Tri Kawula Busana
  • Catur Wanara Rukem
  • Pancasura Panggah
  • Sad Guna Weweka
  • Sapta kukila Warsa
  • Astha sacara-cara
  • Nawa Gra Lapa; lan
  • Dasa Yaksa Wangke.

Demikianlah arti panyandara wong mendem kang ana 10 kang angka lima yaiku kaya sing nembe wae katulis. Terima kasih sudah mampir, selamat belajar bagi para siswa siswi SMP maupun Madrasah Tsanawiyah dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Wilujeng dalu dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.