Rebutan Barang Sepele Sing Ora Ana Ajine Tegese Bebasan

rebutan barang sepele
Share

rebutan barang sing ora ana ajine padha karo bebasan rebut balung tanpa isi tegese yaiku regejegan prakara kang sepélé. Paribasan sing mèmper karo bebasan iki kanthi makna sing padha ya iku Madu balung tanpa isi.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, kali ini kita akan membahas mengenai bebasan bahasa Jawa yang merupakan gambaran perebutan hal yang tidak seberapa harganya atau remeh temeh.

Juga kami lengkapi dengan contoh kalimat ukara tuladha unen unen bebasan rebutan balung tanpa isi beserta arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Maksudnya yaitu membahas satu persatu kata yang ada dalam ungkapan unen unen basa Jawa ini.

Langsung saja berikut ulasannya

Rebutan barang sing ora ana ajine sepele bebasane yaiku rebutan balung tanpa isi

Kenapa ungkapan ini memiliki arti berebut hal yang remeh temeh alias sesuatu yang harganya tidak begitu sepadan untuk diperebutkan?

Mari kita ulas satu persatu artinya;

Balung tegese yaiku rangka, utawa kerangka iku panopang awak manungsa, kewan lan sak pinunggalane. Artinya yaitu tulang,kerangka sebagai menopang badan, hewan dan yang lainnya.

Rebut tegese yaiku dijupuk, (diêpèk, didhaku) kanthi pêksa; artinya diambil, dimiliki, diklaim dengan cara memaksa.

Tanpa isi tegese yaiku ora ana isine, artinya tidak ada isi, tiada isinya.

Jadi secara harfiyah kita mengartikannya yaitu berebut tulang yang tiada isinya (sesuatu berharga yang pantas untuk diperebutkan).

Tentunya anda mengetahui apa itu balung alias tulang, biasanya jagal sapi atau pedagang daging akan membuang tulang belulangnya.

Alasannya kenapa?

Karena memang harganya yang sangat murah sampai tidak ada harganya, bahkan ada orang yang menolaknya jika diberi hanya tulangnya saja. Lain lagi kalau daging sapi, beda harganya.

Gawea ukara nganggo tembung unen unen bebasan sing unine rebut balung tanpa isi! Buatlah kalimat dalam Bahasa Jawa menggunakan ungkapan berebut tulang yang tidak ada isinya!

Wong tuwek kok playon ngoyak layangan, persis bebasan sing ukarane rebut balung tanpa isi. Artinya orang sudah tua atau dewasa kok berlarian mengejar laying-layang, persis ungkapan yang bunyinya berebut tulang tanpa ada isinya.

Demikianlah informasi bebasan basa Jawa rebutan barang tanpa aji ora ana regane sepele yaiku rebut balung tanpa isi. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.