Dhuwur Langite Nyolok Mata Tegese (Tembung Entar)

tuladha tembung entar basa Jawa

Jodhokno tembung entar ing ngisor iki karo tegese sing bener, banjur wacanen sing cetha supaya bisa mangerteni maknane lan karepe saka tembung entare.

pontren.com – assalamualaikum, dalam soal pertanyaan bahasa Jawa diatas adalah sebuah perintah untuk menjodohkan tembung entar bagian kiri dengan jawabannya yang ada pada sebelah kanan (sisih kiwa lan tengen).

Selanjutnya memerintahkan untuk membacanya (wacanen = bacalah). Tujuannya supaya bisa mengena lebih mantab pada pikiran dan pengucapannya dengan baik dan benar.

Tegese Dhuwur Langite

Tembung entar dhuwur langite tegese yaiku gedhe gegayuhane utawa dhuwur banget kekarepane.

Secara harfiah atau artinya apa adanya yaitu tinggi langitnya. Maknanya atau maksudnya yaitu tinggi keinginannya atau kemauannya (seseorang yang mempunyai cita – cita atau sesuatu yang hendak dia raih).

Padanannya atau persamaan ungkapan ini dalam bahasa Indonesia adalah muluk-muluk. Yaitu sesuatu yang tinggi serta identik dengan susah untuk diraih atau mendapatkannya.

Contoh kalimat tuladha ukara : Bocah kuwi dhuwur langite arepa dheweke urip sarwa kekurangan. Artinya adalah : anak itu tinggi keinginannya meskipun hidup dalam keadaan yang serba berkekurangan.

Jadi dalam tembung entar ini menggambarkan seseorang yang mempunyai keinginan (bisa cita-cita, hendak punya barang sesuatu) yang tinggi nilainya jika dibandingkan dengan keadaannya.

Misalnya seorang PNS golongan 2 yang tidak mempunyai harta warisan atau penghasilan diluar gaji berkeninginan untuk punya mobil Mitsubishi pajero Sport atau Toyota Fortuner.

Tegese Nyolok Mata

Basa Jawa tembung entar nyolok mata tegese yaiku njarag sing ora luput. Terjemahnya secara harfiah adalah menyolok atau menusuk mata yang artinya atau maksudnya adalah menyengaja yang tidak salah.

Njarag artinya adalah ssngaja melakukan, menyengaja.

Dalam penjelasan lainnya tegese tembung nyolok mata yaiku ketara banget, cetha wela-wela. Artinya adalah sangat kelihatan, terang benderang penampakannya.

umumnya penggunaan tembung entar nyolok moto ini untuk menggambarkan hal yang jelas dan tampak baik secara langsung maupun bukti-bukti yang sangat kuat akan kejadiannya.

Misalnya adalah ada anak yang mencontek saat ulangan namun dia menaruh buku contekannya diatas meja ujian.

Atau misalnya hakim yang memutuskan perkara yang sangat menguntungkan salah satu pihak meski sudah ada ketentuannya jelas melanggar konstitusi.

tuladha ukara contoh kalimat misalnya : Pak Anwar anggone nglanggar undang – undang kanthi nyolok mata. Artinya adalah pak Anwar dalam melakukan pelanggaran undang – undang tampak jelas sangat kentara.

Demikianlah tegese nyolok mata, dhuwur langite kang kalebu jenise basa rinengga tembung entar basa jawa lan tuladhane ukarane (contohnya dalam kalimat berbahasa Jawa). Maturnuwun sudah mampir dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *