Dideleng Gampang Dicekel Angel Apa Batangane Cangkriman

Dideleng Gampang Dicekel Angel
Share

Apa bedhekane unen unen cangkriman sing ukarane yaiku Dideleng Gampang Dicekel Angel Apa Batangane? Jawabane yaiku Matahari kalebu jinise utawa jenise cangkriman kang awujud utawa wujud wantah, tegese apa anane.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang para sedherek. Pagi tadi saya membaca brainly, ada anak yang menanyakan cangkriman sebagaimana dalam judul artikel yang saya buat ini.

Dan jawabannya adalah banyu (jawaban orang lain dalam aplikasi brainly ini).

Namun saya kok masih belum sreg dengan jawabannya.

Ternyata setelah saya browsing kesana kemari dan mencari sumber yang lebih valid maka tebak tebakan bahasa Jawa teka teki pertanyaan boso jowo yang artinya dalam bahasa indonesia dilihat mudah dipegang mudah jawabannya yaitu matahari, bukan air (banyu).

Dari situlah saya semakin agak dongkol dengan orang yang menjawab asal-asalan pada aplikasi brainly.

Dideleng Gampang Dicekel Angel bedhekane yaiku Matahari

Cangkriman ini masuk dalam kategori wancah, yaitu apa adanya.

Maksudnya adalah jawaban yang di maksud dalam tebak tebakan ini apa adanya bukan plesetan blenderan.

Sebenarnya tidak perlu kita terangkan secara mendalam.

Karakter matahari ini adalah suatu benda yang mudah untuk dilihat, gampang anda melihatnya, gampang dideleng utawa didelok.

Namun sulit untuk dipegang, yang dalam bahasa Jawa tegese yaiku angel dicekel. Bahkan sampai tahapan ora mungkin alias mustahil, bagaimana mau memegang? Mendekat saja tidak bisa.

Pastinya badan orang yang hendak memegang matahari (bukan mall ya) akan terbakar habis sebelum tangannya mencapai untuk memegangnya.

Kebalikan cangkriman sing batangane matahari ini adalah dideleng angel dicekel gampang.

Apa batangane cangkriman sing unine ukarane yaiku di deleng angel di cekel gampang?

Nah ini merupakan tebakan saya dengan teman teman saat masih duduk di SD Girimulyo 1 Kec. Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

Jadi sesuatu apakah yang susah untuk dilihat namun mudah dipegang.

Batangane cangkriman yen dicekel gampang yen dideleng angel bedhekane yaiku kuping. Maksudnya kupinge dewe dewe.

Jawaban cangkriman ini adalah telinga. Yaitu telinganya sendiri-sendiri.

Jadi apabila anda hendak melihat telinga alias kupingnya sendiri secara langsung, maka akan sulit.

Anda menengok, posisi telinga pun juga mengikuti arah kepala anda menengok. Sangat sulit bahkan mustahil melihat telinga sendiri tanpa alat cermin atau semisal.

Namun anda akan dengan mudah meraih atau memegang telinga anda secara langsung, tinggal pegang saja udah bisa.

Demikian tambahan ukara unen unen cangkriman sing ukarane yaiku yen Di deleng Gampang ananing Di cekel Angel bedhekane yaiku Matahari. Kosokbaline dicekel gampang dideleng angel batangane yaiku kuping. Wilujeng enjang, selamat pagi salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

2 pemikiran pada “Dideleng Gampang Dicekel Angel Apa Batangane Cangkriman

  1. Hi, kak.. Pertanyaannya benar tetapi jawabannya salah, Dibuku saya jawabannya ganjil tidak ada “MATAHARI” adanya “AIR = BANYU”. Saya jadi semakin bingung.. 😩👊

    1. hai lyn, itu kan tebak tebakan, sekarang kita logis saja, pertanyaannya mudah dilihat dipegang susah, matahari dan air sama sama mudah dilihat, cuman lebih susah mana dipegang matahari dengan air? kalau saya memilih matahari yang lebih susah dipegang, namun apa daya pada buku tidak ada matahari, adanya air. coba apa saja pilihan dalam buku sehingga nanti bisa kita diskusikan jawabannya. maaf kalau mengecewakanmu karena jawaban dalam artikel saya tidak sesuai dalam buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *