Sumur Lumaku Tinimba Artinya Kalebu tembung Ukara Basa

sumur lumaku tinimba
Share

Sumur Lumaku Tinimba tegese Artinya adalah sumur itu berjalannya atau berfungsi dengan cara di timba, maksudnya yaitu orang yang harus dimintai pertanyaan. Kalebu tembung Ukara Basa saloka, termasuk dalam kata basa Jawa Saloka.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu, wilujeng enjang selamat pagi semuanya para pembaca internet baik melalui gawai maupun komputer laptop.

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu saloka berkenaan dengan berjalannya sesuatu atau berfungsinya hal yang dalam bahasa Jawa di bahasakan dengan kata atau tembung lumaku.

Dalam tulisan solopos com oleh Bambang Ikhwanto, seorang Dosen Pendidikan Bahasa lan Sastra Daerah Universitas Veteran menuliskan. Bahwasanya “Rikala semanten ”sumur lumaku tinimba” satunggaling paribasan ingkang pangertosanipun bilih tiyang pinter makaten dipun embakaken sumur, minongka tuk sumbering toya kabetahanipun titah gesang bebrayan”. Sumber : https://www.solopos.com/purwaka-sumur-lumaku-tinimba-373919

Yang artinya, pada jaman segitu (dahulu kala), sumur berfungsi dengan di timba. Salah satu peribahasa yang pengertiannya bahwasanya orang pinter itu dimisalkan bagai sumur, sebagai mata air untuk sumber kebutuhan hidup bersama-sama.

Tegese Sumur Lumaku Tinimba

Dalam versi singkat tegese ukara tembung unen unen paribasan bebasan saloka sumur lumaku tinimba yaiku wong sing kumudu kumudu dijaloki piwulang. Utawa dijaluki pengajaran,amarga nduweni ilmu sing akeh lan jero uga wijang.

Artinya yaitu, dalam versi singkat jenis saloka ini maksudnya adalah orang yang harus dan seharusnya di minta pengajarannya atau menjadi rujukan pembelajaran. Karena memiliki keahlian keilmuan yang banyak serta mendalam dan juga bijaksana.

Apabila kita menerjemahkan satu persatu kata dalam kalimat ini berikut informasinya;

Sumur tegese yaiku tuk banyu. Artinya adalah sumur tempat mata air dimana orang-orang mengambil air dari tempat ini dengan cara di timba.

Lumaku tegese yaiku mlakune, isone mlaku, bisa fungsi, maksudnya adalah berjalan, bisanya berjalan atau dapat berfungsi.

Tinimba, carane nganggo nimba, yaitu dengan jalan atau cara menimbanya.

Demikianlah informasi mengenai contoh tuladha saloka Basa Jawa berkenaan dengan orang bijak yang menjadi rujukan pertanyaan yang ibaratnya adalah sebuah sumur.

Di mana sumur ini bisa berfungsi atau manfaatnya dengan jalan melalui menimbanya.

Akhirnya wilujeng enjang, selamat pagi salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share
Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *