Tengah Tengahe Pasar Ana Apane Batangane Cangkriman

ing tengah tengahe pasar ana apane dik
Share

Ing tengah-tengah pasar ana apane? a. Bakul b. S c. Dalan d. Dagangan, apabila ada pertanyaan cangkriman dalam bahasa Jawa seperti itu maka jawabannya atau batangane bedhekane yaiku s (huruf S).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, dahulu kala saat SD saya pernah mendapatkan pertanyaan teka teki bahasa Jawa.

Adapun bunyi tebak tebakannya sebagaimana dalam judul artikel ini adalah “tengahe pasar ana apane dik?” Maksudnya di tengah pasar ada apanya dik?

Saya mencoba menjawab dengan barang atau apapun yang sayak kira berada pada tengahnya pasar, mulai dari penjualnya (bakul), orang yang membeli (wong tuku), buruh angkat junjung (manol) dan lain sebagainya.

Tetap saja oleh teman saya di bilangi bahwa jawaban yang saya utarakan salah.

Saya mencoba dengan jawaban lain semisal jalan tengahnya pasar (dalan), masih tetap salah, dagangan penjual juga keliru.

Akhirnya saya angkat tangan bilang pas tanda menyerah.

Kemudian teman saya memberikan jawaban yang benar. Sepertinya dia mendapatkan cangkriman tebakan kata bahasa Jawa tentang pasar ini dari kakaknya yang telah sekolah SMP.

Tengah tengahe pasar ana apane Batangane Yaiku S

Kemudian teman saya bertanya,” wis thit tenan ora reti? Udah nih, beneran tidak tahu?

Jawabane ES.

??? saya bingung, kenapa di tengah pasar jawabannya adalah es?

Memangnya ada penjual es di tengahnya pasar? Lokasi saya di dekat kemuning, suatu daerah yang dingin sehingga kurang lazim ada penjual es mambo untuk anak kecil.

Teman saya tertawa kecil saja.

Maksudnya bukan es yang dingin biasa untuk sampean nikmati.

Namun maksudnya adalah huruf s.

Jadi lebih jelasnya adalah p a “s” a r.

Jadi sebenarnya pasar yang menjadi pertanyaan adalah berupa huruf – huruf yang menyusun kata ini sehingga menjadi berbunyi pasar.

Bukan maksudnya lokasi orang orang untuk melakukan jual beli dan pertukaran barang dalam rangka kegiatan perekonomian untuk mendapatkan uang.

Demikianlah salah satu tebak tebakan kata cangkriman basa Jawa sing batangane yaiku ES (huruf S) sing ukarane unen unene yaiku Tengah tengahe pasar ana apane. Wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *