Emas Sinangling tegese Tuladha Ukara Basa Jawa

memasang telegram pada pc laptop
Share

Arti emas Sinangling Tegese Basa Jawa beserta contoh kalimat tuladha ukarane tembung pepindhan Bahasa Jawa werno kuning.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng enjang para pamirsa internet lewat hape utawi komputer. Tegese emas sinangling artinya Bahasa Jawa yaitu batu mulia (emas) dan berharga yang di gosok dengan alat untuk menggosoknya.

Dalam bahasa Jawa kita bisa mengatakan emas sinangling yaiku barang kang nduweni rega larang yaiku emas kang di gosok nganggo sangling.

Apa iku sangling? Yaiku piranti kang kanggo nggosok emas.

Jadi singkatnya kata utawa tembung sinangling tegese yaiku emas sing digosok supayane iso mengkilap resik. Maksudnya adalah emas yang di gosok menggunakan peralatan khusus untuk membuatnya menjadi bersih dan mengkilap.

Dalam kamus bahasa Indonesia (KBBI Online) yang di maksud emas adalah logam mulia berwarna kuning yang dapat ditempa dan dibentuk, biasa dibuat perhiasan berupa kalung, cincin, anting-anting gelang dan lain sebagainya.

Sedangkan sangling dalam KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah /sang•ling/ Jw v, menyangling/me•nyang•ling/ v mengupam; menyepuh emas (perak dan sebagainya), supaya mengilap

Tuladha ukara tembung pepindhan emas Sinangling

Gawea tuladha ukara nganggo tembung emas sinangling basa Jawa. Buatlah kalimat menggunakan kata pepindhan dalam bahasa Jawa sebagaimana yang di sebutkan diatas.

Ini dia contoh kalimatnya;

Kancaku nduwe montor wernone kuning sing resik lan kinclong. Nganti kuninge kaya emas sinangling. Artinya adalah teman saya mempunyai mobil berwarna kuning yang bersih dan kemilau. Sampai warna kuningnya seperti emas yang di gosok.

Contoh lainnya misalnya yaitu,” bapak nembe ngecet tembok ngarepan omah nganggo werno kuning, saking apike wernone kuninge kaya emas sinangling.

Artinya adalah,” Ayah mengecat tembok depan rumah memakai warna kuning, saking bagusnya warna kuningnya seperti emas yang di gosok.

Demikianlah tambahan informasi pagi ini berkenaan dengan kata pepindhan untuk menyerupakan warna kuning suatu benda semisal emas yang mengkilap karena telah di gosok dengan alat-alatnya (maksudnya begitu indah).

Wilujeng enjang, selamat pagi, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *