Man Tholaba Akhon Bila ‘Aibin Baqiya Bila Akhin Arab Artinya

man tholaba akhon
Share

Tulisan Arab Mahfudzot Man Tholaba Akhon Bila ‘Aibin Baqiya Bila Akhin lengkap dengan artinya dan terjemah dalam Bahasa Indonesia dan penjelasan singkat beserta hikmah dalam mencari teman dan bersaudara.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, salah satu mahfudzot berkenaan dengan ketidaksempurnaan manusia yaitu berbunyi sebagaimana dalam judul artikel ini.

Yaitu siapapun dia yang mencari saudara teman atau aliansi yang tidak ada cacat atau kekurangan di dalam orang tersebut maka dia tidak akan memiliki saudara.

Bagaimana tulisannya dalam Bahasa Arab? Apa artinya dalam Bahasa Indonesia, bagaimana teks dalam versi huruf Jawi tanpa harakat syakalnya?

Ini dia mari kita simak.

Tulisan Arab Man Tholaba Akhon Bila ‘Aibin Baqiya Bila Akhin

Yang pertama yaitu teks tulisan hijaiyah dalam huruf jawi alias arab gundul tanpa harakat dan syakalnya sebagaimana berikut ini;

Sedangkan dalam versi berharakat lengkap dengan syakalnya untuk memudahkan membaca mahfudzot man tholaba akhon bilaa ‘aibin baqiya bilaa akhin teksnya sebagaimana berikut;

Seperti itulah tulisannya yang bisa anda copy paste alias copas yang orang indonesia menyebutnya dengan kopas alias kopi paste.

Setelah mengetahui cara penulisannya, mari kita lanjut untuk memahami artinya beserta penjelasan singkat.

Arti mahfudzot man tholaba akhon bila ‘aibin baqiya bila akhin

Secara umum, mahfudzot yang berbunyi من طلب أخا بلا عيب بقي بلا أخ artinya adalah barang siapa yang mencari teman/saudara tanpa aib maka dia selamanya tidak akan mempunyai kawan/saudara.

Apa terjemah atau arti setiap mufrodat yang ada dalam petuah bijak kata kata mutiara dalam bahasa Arab ini?

Berikut artinya dari arab ke Indonesia mufrodat yang ada dalam mahfudzot tentang mencari teman.

Bahasa ArabTulisanArti Indonesia
Manمَنْ(barang) siapa
TholabaطَلَبَMencari
AkhonأَخًاSaudara
BilaبِلاَTanpa/tidak ada
‘aibinعَيْبٍCacat/aib
BaqiyaبَقِيَAkan tetap
BilaaبَلاَTanpa
AkhinأَخٍSaudara/kawan

Penjelasan dan Hikmah

Sekilas penjelasan, yang namanya orang atau manusia mestinya memiliki kelemahan, kekurangan.

Yang dalam mahfudzot petuah bijak ini disebut dengan kata aib.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, KBBI online) pengertian aib atau padanan katanya yaitu noda, cela, salah ataupun keliru.

Jadi, apabila ada seseorang yang berusaha sekuat tenaga mencari seorang kawan atau saudara yang tidak punya cela, salah, keliru aib kekurangan dan lain sebagainya mustahil dia menemukannya.

Namun jika dia nekad mencarinya (orang tanpa salah dan cela) maka selamanya dia tidak akan memiliki kawan/saudara (tidak pernah menemukan orang tanpa cela atau salah).

hikmahnya, karena setiap orang memiliki kelemahan maka satu dengan lainnya saling menutupi kelemahan orang lain.

hikmah lainnya yaitu untuk menjadi manusia yang toleran, maklum dengan kesalahan orang lain serta menjadi pribadi pemaaf dan lapang dada.

Demikian informasi penjelasan tentang mahfudzot Man Tholaba Akhon Bila ‘Aibin Baqiya Bila Akhin tulisan Bahasa Arab lengkap dengan arti dan terjemahnya Indonesia.

Akhirnya terima kasih sudah berkunjung, wilujeng enjang, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *