Pitik Walik Saba Meja Amben Batangane Cangkriman

Share

Pitik Walik Saba Amben Meja Batangane yaiku sulak diarani cangkriman pepindhan artinya ayam berbulu terbalik berada di meja atau dipan bedhekane (jawabannya) yaitu kemoceng. Disebut dengan teka teki lugu apa adanya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng dalu para sanak kadang among sekolah yang rajin belajar baik hati tidak sombong dan semangat dalam belajar.

Kali ini kita akan membahas mengenai teka teki Bahasa Jawa yang jawabannya utawa cangkriman sing batangane sulak.

Sulak yang bahasa Indonesianya adalah kemoceng yaitu alat untuk membersihkan debu pada permukaan barang. Baik meja kursi dipan maupun kendaraan baik roda empat maupun roda dua (motor).

Biasanya terbuat dari bulu ayam atau tali rafia. Adapula yang jenis kemoceng modern bahan dasarnya semisal perpaduan kain halus lembut dengan busa atau bahan lainnya.

Cangkriman Pitik Walik Saba Amben Meja Bedhekane

pitik walik saba meja

Pitik walik merupakan sebutan untuk ayam yang memiliki bulu terbalik. Saba artinya sering datang pada suatu tempat atau untuk hewan memiliki arti mencari makan.

Dengan begitu maksud saba ukarane tembung dalam bahasa Indonesia adalah sering mendatangi suatu tempat.

Meja artinya ya meja, temannya kursi sebagai pasangannya untuk meletakkan sesuatu maupun lainnya.

Adapun amben tegese yaiku panggonan kanggo turu artinya adalah dipan, alat untuk meletakkan kasur atau tikar sebagai tempat tidur. Biasanya terbuat dari kayu ataupun besi.

Penjelasan cangkriman ini, adalah ayam yang berbulu terbalik (pitik walik) yang biasa mendatangi (saba) pada meja ataupun dipan, apakah itu?

Maka jawaban teka teki ini adalah kemoceng, yang dalam bahasa jawa sebutannya yaitu sulak.

Teka teki tebak tebakan kata pitik walik saba meja utawa amben kalebu cangkriman pepindhan utawa irib iriban.

Artinya teka teki bahasa Jawa ini masuk dalam kategori cangkriman yang lugu apa anane jawaban, dudu plesetan utawa wancahan.

Maksudnya adalah suatu tebak tebakan yang lugu apa adanya, bukan teka teki berupa plesetan maupun singkatan kata kata.

Demikian informasi singkat mengenai cangkriman bahasa Jawa berkenaan dengan hewan berupa ayam dengan bulu terbalik yang ukarane basa Jawa yaiku pitik walik saba meja utawa a amben bedhekane yaiku sulak.

Wilujeng dalu, selamat malam, salam kenal dan wassalaamu’alaikum


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *