Tong Yong RengReng Tegese Batangane Kalebu Jenise Cangkirman

Batangane cangkriman tong yong rengreng yaiku gotong royong bareng – bareng kalebu jenise cangkriman wancahan Basa Jawa, artinya adalah bergotong royong secara bersama-sama, masuk dalam kategori jenisnya tebakan Bahasa Jawa wancahan (singkatan).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, kenapa kalebu jinise cangkriman wancahan?

Dalam bahasa Jawa arti wancahan artinya adalah singkatan, jadi teka teki ini merupakan singkatan yang ada dalam suku katanya.

Jadi secara singkat, tebakan bahasa Jawa ini merupakan cangkriman kang awujud tembung wancahan, suatu teka teki yang berwujud singkatan (dari suku kata) dalam suatu kalimat.

Uraiannya adalah sebagai berikut ini

Tong merupakan singkatan dari kata gotong, sedangkan yong kepanjangannya yaitu royong, jadi dalam kata tongyong merupakan singkatan dari gotong royong.

Adapun untuk rengreng atau reng reng, sebagaimana anda sudah mafhum merupakan suku kata yang kepanjangannya yaitu bareng-bareng, artinya adalah secara bersama-sama.

Contoh lain dari teka teki berupa singkatan dalam bahasa Jawa misalnya yaitu cangkriman pekri meme batangane utawa bedhekane yaiku apek pari rame-rame.

Artinya apek pari rame rame adalah memanen padi secara beramai-ramai (bersama berbarengan dengan orang banyak.

Bedhekane cangkriman Tong Yong RengReng yaiku, Kalebu Jinise Cangkriman Apa?

Sudah jelas jawaban untuk teka teki singkatan ini adalah dari kata (tembung) gotong royong bareng-bareng.

Menurut saya tebak-tebakan teka teki bahasa ini sangat brilian dalam hal menanamkan jiwa bersama-sama dalam bekerja semenjak dini kepada anak-anak.

Dengan permainan teka teki yang mengarahkan perilaku anak, maka menurut saya akan menancap pada jiwa mereka mengenai bekerja sama.

Dan harapannya perbuatan baik dalam kebaikan ini bisa senantiasa bersama-sama dalam melakukannya.

Dalam khazanah jawa, cangkriman adalah unen – unen kang kudu dibatang maksude. Artinya adalah teka teki atau tebak-tebakan yang harus ditebak apa maksudnya.

Selain untuk mengasah otak, tebak-tebakan dalam bahasa Jawa ini berguna untuk hiburan pada saat senggang. Keuntungan lainnya yaitu bermanfaat mengakrabkan pertemanan dengan bercanda melakukan tanya jawab teka teki.

Demikianlah sekedar ulasan mengenai tongyong reng – reng tegese yaiku lan batangane, kalebu jenise cangkriman wancahan Basa jawa. Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan komentar